Wonogiri Panen Gaplek, Harga Gaplek Murah Masyarakat Pasrah

0
2928
kegiatan mengupas singkong

kismantoro.or.id. ~ Wonogiri kota gaplek mungkin sudah tidak asing lagi karena wonogiri merupakan daratan yang berbukit sehungga cocok untuk berladang dan berkebun. Tanaman yang bisa ditanam adalah singkong dengan sistem tumpangsari berbarengan dengan kacang atau jagung. Memasuki musim kemarau masyarakat wonogiri memulai memanen singkong dan biasanya dikeringkan untuk dijadikan gaplek. Jadi gaplek adalah singkong yang dikeringkan.

Biasanya masyarakat wonogiri menjual singkongnya sudah berupa gaplek kepada pengepul atau tengkulak.

Namun musim ini yang diperkirakan sudah kemarau masih ada hujan dan sering berawan sehingga untuk mengeringkan singkong pun terhambat dan mengakibatkan hasil gaplek tidak maksimal.

Selain proses pengeringan lama singkong pun menjadi hitam dan berjamur. Ini harga yang cukup murah .karena harga gaplek murah masyarakat pun hanya mampu pasrah. Untuk harga saat ini berkisar singkong basah Rp. 500,-/kg dan singkong kering (gaplek) Rp. 1.100,-/kg.

Jika harga gaplek selalu murah mungkinkah masyarakat Wonogiri masih menanam singkong? Jika masyarakat Wonogiri sudah tidak menanam singkong masihkah Wonogiri disebut kota gaplek?

Mungkin ini akan menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat wonogiri yang sudah menjadi ikon atau julukan tersebut tinggal cerita atau kenangan saja.

Laporan : Reymond Supriyanto ~ jurnalis kismantoro.or.id.

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..