UPK Kismantoro Gelar MAD Pertanggungjawaban Tutup Buku 2017

0
879
Dari kiri, koramil kismantoro, kapolsek, dangi darmanto, camat kismantoro, sukalino, ketua bkad, kasi ppm/foto:hari p untuk ©kismantoro.or.id

KOL~Kismantoro-Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kismantoro menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggungjawaban Tutup Buku Tahun 2017, hari ini Kamis (11/01/2017), sejak jam 09.45 WIB, bertempat di Pendopo Kecamatan Kismantoro.

Pada gelaran Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggungjawaban Tutup Buku Tahun 2017 tersebut, akan dilaporkan pertanggungjawaban dari BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa), BP (Badan Pengawas), UPK (Unit Pengelola Kegiatan) dan TV (Tim Verifikasi) serta pembahasan Perencanaan BKAD tahun 2018.

Tujuan digelarnya MAD tersebut, untuk memberikan gambaran kepada masyarakat terhadap hasil yang telah dan belum dicapai beserta hambatan dan kendala yang dialami oleh UPK  selama tahun 2017.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), Bejo, S.I.P., saat membacakan pengantar maksud dan tujuan MAD Pertanggunjawaban.

“Tujuan dari MAD Pertanggungjawaban ini adalah memberikan gambaran kepada masyarakat Kismantoro terhadap hasil yang telah dicapai oleh BKAD”, katanya.

“Dan rencana kerja tahun 2018 serta kendala dan hambatan yang dihadapi oleh BKAD, sebagai mandat forum MAD”, lanjutnya.

Peserta MAD menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya/foto:hari p untuk ©kismantoro.or.id

Secara rinci, Kasi PPM juga membacakan pengelolaan dana bergulir pengakhiran PNPM, yakni jumlah asset berjumlah Rp. 7.940.929.877, pertumbuhan modal sebesar 60,4% dari Rp. 4.797.116.392 menjadi Rp. 7.940.929.877 serta surplus/laba UPK sebesar Rp. 1.295.956.976.

Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama ini keberadaan UPK, sejak tahun 1999/2000 telah melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan regulasi yang ada.

“Keberadaan UPK, khususnya di Kismantoro semoga bisa membantu pemberdayaan masyarakat”, tegas Camat Kismantoro.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Dangi Darmanto, S.H., mengatakan, selaku fungsi pengawasan, sebagai anggota DPRD mengamati bahwa pengelolaan BKAD dan UPK di Kecamatan Kismantoro berjalan dengan baik.

“Pengelolaan BKAD dan UPK Kecamatan Kismantoro berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif kepada masyarakat”, katanya.

Selain itu, Kasi PLUEM Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Sukalino, S.Sos., M.Si., memberikan penegasan kepada BKAD agar membuat perencanaan BKAD secara matang, dengan semakin naiknya dana bergulir kepada masyarakat, diharapkan UPK tetap mengelola dibawah BKAD lewat MAD, pengurus BKAD dan UPK harus profesional dan bekerja sesuai aturan hukum dan tidak merugikan masyarakat serta orientasi pengelolaan dana bergulir kepada pemberdayaan masyarakat kurang mampu. (gun)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..