Upacara Bendera HUT RI di Kecamatan Kismantoro

0
1084
inspektur upacara menyerahkan bendera pusaka kepada paskibraka

kismantoro.or.id. ~ Rabu, 17 Agustus 2016 mulai pukul 07.30 WIB di Lapangan Sepak Bola Kismantoro, dilaksanakan upacara bendera memperingati HUT ke-71 dan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M.

Hadir pada upacara tersebut jajaran Muspika Kismantoro, yaitu, Danramil Kismantoro, Lettu. Inf. Dwi Supriyanto, Kapolsek Kismantoro AKP Sargiata, S.Pd., Kepala UPT Dinas Pendidikan Kismantoro, Kepala UPT Puskesmas Kismantoro, Kepala BUMN/BUMD se Kecamatan Kismantoro, Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Kismantoro, Kepala Sekolah dan Guru mulai dari tingkat SD, SMP, SMK dan MA, Anggota PWRI, Anggota Pepabri, Anggota IPHI, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama se Kecamatan Kismantoro, Perangkat Desa se Kecamatan Kismantoro, perwakilan siswa-siswi mulai dari tingkat SD, SMP/MTs, SMK/MA, jajaran PNS di Kecamatan Kismantoro, anggota TNI/Polri, Karang Taruna, Pimpinan Parpol, Lembaga Kemasyarakatan Desa serta perwakilan warga masyarakat di Kecamatan Kismantoro lainnya.

Sementara itu, pengibaran bendera merah putih dimulai sekitar pukul 09.30 dan yang bertugas menjadi pengibar bendera adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari SMK Negeri 1 Kismantoro dan Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati, sejumlah 45 orang anggota Paskibraka menjalankan tugasnya untuk mengibarkan sang merah putih setelah sebelumnya menerima penyerahan sang merah putih dari inspektur upacara.

Seperti diberitakan sebelumnya, para anggota Paskibraka ini telah menjalani serangkaian pelatihan selama 22 hari oleh tim pelatih dari anggota Polri Sektor Kismantoro dan anggota TNI Koramil Kismantoro. Dengan khidmat, pengibaran sang merah putih berjalan lancar dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Regu Paduan Suara dari siswa-siswi SMP Negeri Kismantoro di bawah arahan Guru Seni Musik Tri Lukmanto, S.Pd.

Tidak ketinggalan pula, semua peserta upacara memberikan penghormatan kepada sang merah putih dengan serempak mengikuti aba-aba komando dari Serka Hadi Prayitno, anggota TNI Koramil Kismantoro, selaku Komandan Upacara, hingga pengibaran tersebut selesai mencapai puncak ketinggian tiang bendera.

Dalam amanatnya, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., selaku Inspektur Upacara (Irup) membacakan sambutan Bupati Wonogiri serta mengawalinya dengan tiga kali pekik kemerdekaan untuk menggelorakan semangat perjuangan, MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA!!! yang dijawab dengan gegap gempita penuh semangat dari seluruh peserta upacara.

Irup mengajak kepada seluruh peserta upacara agar senantiasa mengisi kemerdekaan ini dengan cipta dan karya untuk “Sesarengan Mbangun Wonogiri supaya Kabupaten Wonogiri dapat sejajar dengan Kabupaten/Kota lainnya.

Seluruh rangkaian urutan susunan acara upacara pengibaran bendera memperingati HUT ke-71 dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Tahun 2016 telah selesai, yang dibacakan oleh Tut Wuri Handayani, S.Pd., selaku protokol. Usai upacara pengibaran bendera, semua panitia dan petugas upacara serta para tamu undangan dipersilahkan untuk beramah tamah di Pendopo Kecamatan Kismantoro.

Semua membaur jadi satu, mulai dari para petugas upacara, anggota paduan suara, anggota paskibraka, Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Kismantoro, Muspika serta tamu undangan lainnya, berkumpul, bercerita bersama, tidak ada sekat diantara mereka, sungguh indah kebersamaan tersebut, seindah kemerdekaan yang dialami saat ini yang telah diperjuangkan dan direbut dari tangan penjajah oleh para pahlawan pejuang bangsa dengan mengorbankan tenaga, harta dan nyawa untuk membela ibu pertiwi.

Pada sore harinya, dilanjutkan upacara penurunan bendera merah putih (aubade) di tempat yang sama yang dimulai sekitar pukul 15.30 wib. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah AKP Sargiata, S.Pd., Kapolsek Kismantoro.

Setelah aubade selesai, para anggota Paskibraka dan jajaran tim pelatih berkumpul di halaman Pendopo Kecamatan Kismantoro untuk melakukan evaluasi kegiatan pengibaran dan penurunan bendera tahun ini. Pada kesempatan tersebut, tidak lupa, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. menyampaikan ucapan terima kasih kepada para anggota Paskibraka dan Tim Pelatih serta semua pihak yang telah membantu terselenggaranya upacara bendera memperingati HUT ke-71 dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2016 dan kepada para anggota Paskibraka diserahkan piagam penghargaan sebagai simbol ucapan terima kasih atas peran sertanya dalam penyelenggaraan upacara bendera. **GW

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..