Ujian Kenaikan Tingkat Merpati Putih Kismantoro

0
1629
Pelantikan peserta ukt/foto : iwan ambon ©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~MIRI-Dalam rangka melaksanakan AD/ART perguruan, sekaligus agenda rutin kegiatan tahunan Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS Betako) Merpati Putih Cabang Wonogiri, telah melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) yang bertempat di Kelompok Latihan (Kolat) Pagupon Kismantoro.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 4-5 Pebruari 2017. Bertempat di Kolat Pagupon Kismantoro yang beralamat di Dusun Klitik RT.02 RW.05 Desa Miri, Kecamatan Kismantoro. Diikuti kurang lebih 70 peserta yang terdiri dari kelompok latihan prestasi dan kelompok latihan tingkat dasar (mini).

Salah satu aksi para peserta ukt/foto : iwan ambon ©kismantoro.or.id
Salah satu aksi para peserta ukt/foto : iwan ambon ©kismantoro.or.id

Dikonfirmasi dari salah satu pelatih senior PPS Betako Merpati Putih Cabang Wonogiri yang juga sekaligus ketua panitia penyelenggara UKT Mas Iwan MP mengatakan, bahwa kegiatan UKT ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh perguruan, sebagai sarana dan syarat anggota PPS Betako Merpati Putih untuk menaikkan tingkatan sabuk para anggota.

Acara dimulai pada hari Sabtu malam pukul 19.30 WIB dengan upacara pembukaan dan berakhir pada hari Minggu siang pukul 13.00 WIB. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah mulai dari upacara pembukaan, senam peregangan dan pemanasan, ujian materi tulis dan tata gerak, bintal kepribadian, tryout (pembajakan diri), ujian pematahan benda keras, dan ditutup dengan upacara pelantikan tingkatan.

Kegiatan bhakti sosial para peserta ukt/foto : iwan ambon ©kismantoro.or.id
Kegiatan bhakti sosial para peserta ukt/foto : iwan ambon ©kismantoro.or.id

Yang unik, pada Minggu pagi, semua peserta UKT juga melaksanakan bakti sosial diseputaran terminal dan pasar Kismantoro dengan melakukan kegiatan sapu bersih sampah. Menurut mas Iwan MP, selaku ketua panitia penyelenggara, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendidik dan melatih para anggota supaya selalu hidup bersih sekaligus menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwasannya, anggota perguruan beladiri tidak hanya indentik dengan kekerasan fisik tetapi juga harus menumbuhkan energi positif yang salah satunya adalah dengan selalu rajin menjaga kebersihan lingkungan.

Upacara pelantikan bagi peserta ukt/foto : iwan ambon ©kismantoro.or.id
Upacara pelantikan bagi peserta ukt/foto : iwan ambon ©kismantoro.or.id

Diakhir acara, dilaksanakan pelantikan tingkat anggota baru dan juga tingkatan baru para anggota, acara tersebut juga dihadiri oleh sesepuh yang sekaligus peristiwa Merpati Putih Cabang Wonogiri Mas Ismail Wiroprojo, serta beberapa senior dari Kolat peserta yakni Kolat Purwantoro, Kolat Tirtomoyo, Kolat Jeruk, dan Kolat Merista Raya Hotel.

Diakhir sambutannya, Mas Ismail Wiroprojo selaku inspektur upacara, menekankan kepada semua anggota PPS Betako Merpati Putih Cabang Wonogiri agar selalu meningkatkan kekompakan dan persaudaraan antar anggota, dan yang paling penting adalah tetap memegang teguh Tri Prasetya sebagai Janji Anggota dan kode etik perguruan, menjunjung tinggi amanat Sang Guru serta doktrin perguruan, yang berbunyi MERsudi PAtitising TIndak PUsakane TItising Hening, mencari kebenaran dengan jalan ketenangan. (amb)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..