Sholat ‘Idul Fitri di Kismantoro

0
729

kismantoro.or.id. ~ Setelah semalaman penuh mengagungkan asma Alloh SWT dengan melantunkan takbir, umat islam di Kecamatan Kismantoro menggelar sholat ‘idul fitri secara serentak di masjid-masjid dan mushola maupun di lapangan.

Umat muslim berbondong-bondong memuhi tempat ibadah maupun lapangan yang digunakan untuk melaksanakan sholat secara berjamaah. Rangkaian perayaan hari kemenangan umat muslim ditutup dengan sholat ‘idul fitri dan dilanjutkan dengan bersilaturahmi dengan sanak saudara maupun tetangga, saling bersalam-salaman sebagai bentuk saling meminta dan memberikan maaf.

Tradisi atau budaya masyarakat Kismantoro yang biasa disebut dengan istilah “bakdo” atau “bakdan” ini sampai sekarang masih dipertahankan dan dilestarikan, meskipun semakin berkurang generasi saat ini yang bersedia melestarikannya.

Pelaksanaan sholat ‘idul fitri di Masjid Kecamatan Kismantoro digelar dilapangan sepak bola Kismantoro, para jamaah memadati lapangan yang disiapkan oleh panitia sehari sebelumnya. Sekitar tiga ratusan jamaah menempati shaf-shaf yang diatur oleh panitia penyelenggara dengan pengamanan langsung oleh Kapolsek Kismantoro, AKP Sargiata, S.Pd. dan satu orang anggotanya.

Ketua panitia penyelenggara sholat ‘idul fitri Masjid Madinatul Munawaroh Kelurahan Kismantoro, Drs. H. Imam Supangat, memberikan keterangan bahwa jamaah yang menghadiri sholat ‘idul fitri di lapangan sepak bola Kismantoro berjumlah sekitar tiga ratusan orang putra dan putri.

“Dari jumlah shaf yang disiapkan oleh panitia yang mampu menampung jamaah hampir empat ratusan orang ternyata sekitar tiga ratusan yang hadir, alhamdulillah sekali tahun ini jumlahnya meningkat dibanding dengan tahun yang lalu,” katanya.

Senada dengan pernyataan ketua panitia tersebut, keterangan yang kami dapat dari salah satu jamaah bernama Rudi mengatakan bahwa pelaksanaan sholat ‘idul fitri di Kelurahan Kismantoro dipusatkan dilapangan sepak bola Kismantoro dan untuk tahun ini jumlahnya meningkat dibanding dengan tahun lalu.

“Untuk tahun ini yang bertindak sebagai imam dan khotib adalah saudara Maryanto, jamaah dari salah satu masjid di lingkungan Mijil dan yang sebagai bilal adalah saudara Pardi,” jelas Drs. H. Imam Supangat  menambahkan.

Usai sholat ‘idul fitri, acara ditutup dengan bersalaman sesama jamaah berkeliling memutar antar shaf dan pengumuman dari panitia tentang perolehan kotak infak dari para jamaah.

“Alhamdulillah hari ini perolehan kotak infak dari para jamaah telah selesai kami hitung dan jumlah yang terkumpul sebesar Rp. 3.115.000,-,” kata ketua panitia mengumumkan kepada jamaah. (gun)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..