Serba Serbi Ramadhan 2016 di Kecamatan Kismantoro

0
719

kismantoro.or.id. ~ Pemerintah melalui Kementerian Agama kemarin menggelar sidang itsbat (penetapan) awal Syawal 1437 H/2016 M. Sidang ini memutuskan bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu (06/07) besok. Sehingga sangat dipastikan, untuk perayaan Hari Raya ‘Idul Fitri pada 1 Syawal 1437 H tinggal menunggu hitungan jam saja.

Umat islam dari seluruh penjuru negeri ini akan segera merayakan hari kemenangan. Itu artinya, kita akan segera ditinggalkan oleh bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan, satu bulan yang sangat mulia yang di dalamnya penuh dengan keberkahan, tak terasa telah usai dan pergi setidaknya selama sebelas bulan lagi ita harus menunggu datangnya bulan ini lagi, itu pun jika umur masih mencapainya.

Banyak hal positif yang terjadi dan dilakukan selama bulan Ramadhan, berikut moment-moment penting yang terjadi di Kecamatan Kismantoro yang berhasil dirangkum versi kismantoro.or.id.

Pawai anak-anak TPA/TPQ dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan, kegiatan ini dilakukan oleh siswa-siswi TPA/TPQ program Rumah Zakat yang ada di Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro. Pengasuh TPA/TPQ sekaligus sebagai Relawan Rumah Zakat Yoyok Ernowo telah mengadakan kegiatan TPA/TPQ sebelum bulan ramadhan tiba sehingga ketika menjelang bulan ramadhan tiba, dia menggerakkan siswa-siswi mengadakan pawai untuk menyambut sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar akan datangnya bulan ramadhan.

Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Cabang IPHI Kecamatan Kismantoro Periode 2016-2021. Acara yang digelar pada Sabtu, 4 Juni 2016 tersebut dihadiri oleh semua anggota IPHI se Kecamatan Kismantoro. Pengukuhan sekaligus pelantikan mengambil tempat di Pendopo Kecamatan Kismantoro yang dipimpin langsung oleh Drs. H. Kusman Thoha, M.Pd., Ketua Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Wonogiri.

Pengurus IPHI Kecamatan Kismantoro tersebut akan bertugas dari tahun 2016-2021 dengan susunan pengurus harian sebagai berikut Ketua Drs. H. Hasyim Koiman, M.Pd., Wakil Ketua Drs. H. Imam Supangat, Sekretaris H. Khoirul Anwar, S.Pdi., Wakil Sekretaris Hj. Sri Maryati, Bendahara Hj. Jarwanti dan Wakil Bendahara Hj. Katirah serta beberapa pengurus lainnya.

Safari Tarawih Keliling Bupati Wonogiri bersama Muspida dan para pejabat teras Pemkab Wonogiri di Masjid Al Musthofa Dusun Janggle, Desa Lemahbang. Sebelum sholat tarawih, panitia setempat menggelar acara buka bersama Bupati Wonogiri dengan anak-anak penerima beasiswa, anak-anak yatim piatu, fakir miskin lanjut usia terlantar, korban bencana tanah longsor dan para Relawan Peduli Kismantoro (RPK).

Usai acara buka bersama dilanjutkan sholat tarawih di Masjid Al Musthofa Dusun Janggle, Desa Lemahbang dan diakhiri dengan ceramah Tim Tarling Kabupaten oleh ustad Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H.

Aksi Relawan Peduli Kismantoro (RPK) menyalurkan paket bantuan kepada masyarakat miskin lanjut usia terlantar dengan dana yang bersumber dari gaji pokok Bupati Wonogiri, bapak Joko Sutopo. Saat ini yang ditangani sejumlah 38 KK miskin lanjut usia terlantar yang menyebar di seluruh wilayah Kecamatan Kismantoro.

Pemberian bantuan paket berupa bahan makan dan lauk-pauk tersebut disalurkan setiap bulan langsung ke rumah-rumah para penerima oleh Relawan Peduli Kismantoro dan mengetuk hati siapapun untuk mengirim donasi ke rekening Bank Jateng Nomor 3-143-02317-5 atas nama “Relawan Peduli Kismantoro”.

Pemkab Wonogiri menggelar pasar murah pada hari Rabu, 29 Juni 2016 di Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro mulai pukul 08.00 sampai selesai, kegiatan pasar murah tersebut merupakan bentuk keseriusan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu sehingga bapak Joko Sutopo selaku Bupati Wonogiri telah menggandeng tiga perusahaan toko modern yang ada di Kabupaten Wonogiri, yaitu Alfamart, Baru Toserba dan Luwes agar menyediakan paket-paket untuk masyarakat miskin dengan memanfaatkan Program CSR perusahaan masing-masing.

Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. mengunjungi keluarga korban kecelakaan maut Selogiri ke rumahnya di Dusun Setren dengan didampingi oleh Kepala Desa Lemahbang dan para Relawan Peduli Kismantoro. Seperti diberitakan sebelumnya bahwa telah terjadi kecelakaan maut antara sepeda motor suzuki tornado AD-5506-RF yang dikendarai oleh Parno berboncengan dengan Poniran, keduanya warga RT. 04 RW. 07 Dusun Setren, Desa Lemahbang, bertabrakan dengan bus Gunung Mulia AD-1421-DR dan keduanya meninggal di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso.

Pengurus FPRB Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro pada Kamis sore (30/6) diundang buka bersama oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Bertempat dirumah dinas “Puri Gedeh” Jl. Gajah Mungkur (Jl Gubernur Budiono) No. 8 Semarang. Pengurus FPRB Desa Pucung mewakili Kabupaten Wonogiri hadir bersama lima kabupaten lain se Jawa Tengah, ada delapan kabupaten yang diundang oleh gubernur namun dikarenakan berhalangan ada tiga kabupaten yang tidak hadir, selain Kabupaten Wonogiri, Pengurus FPRB yang menghadiri undangan gubernur diantaranya adalah Kabupaten Jepara, Kabupaten Tegal, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banjarnegara.

Relawan Peduli Kismantoro (RPK) menerjunkan beberapa personilnya untuk membantu kelancaran lalu lintas di sekitar Pasar Klitik, Kismantoro, pada hari Selasa (5/7), pasar tradisional satu-satunya yang ada di Kecamatan Kismantoro tersebut tepat berada ditepi jalan propinsi yang menghubungkan Jawa Tengah dengan Pacitan sehingga terlihat sangat ramai oleh pengendara kendaraan para pemudik yang akan menuju atau dari Pacitan. Peran para personil Relawan Peduli Kismantoro (RPK) yang membantu lalu lintas maupun penyeberang jalan sangat penting, mengingat hari Selasa adalah merupakan hari terakhir puasa bulan ramadhan, orang-orang setempat biasa menyebutnya dengan istilah “prepekan”.

Demikian serba-serbi ramadhan 2016 yang ada di Kecamatan Kismantoro yang berhasil dirangkum oleh tim kismantoro.or.id. yang tentunya ada lain lagi kegiatan-kagiatan positif yang terjadi di Kecamatan Kismantoro. Seluruh Tim kismantoro.or.id. mengucapkan “Selamat Hari Raya ‘Idul Fitri 1437 H, Mohon maaf Lahir dan Batin”. (gun)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..