SEMANGAT KARTINI DARI NGROTO

0
611
Peserta peringatan hari kartini berfoto bersama dihalaman balai desa/foto:erna c ©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~NGROTO–Hari ini tepat tanggal 21 April 2017 diperingati sebagai hari Kartini. Raden Adjeng Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia.

R.A. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Wanita yang lahir di Jepara, 21 April 1879 ini adalah sosok wanita yang tidak mendapatkan pendidikan formil yang tinggi. Karena Kartini hanya mampu sekolah hingga usia 12 tahun. Akan tetapi, masa sekolah tersebut memberikan banyak manfaat dimana dia bisa belajar bahasa Belanda dengan baik.

R.A Kartini sering mengirim surat ke beberapa media yang ada di Belanda. Kartini-lah wanita pertama pribumi Indonesia yang rutin mengirim surat ke Belanda.

Surat yang dibuat Kartini yang sangat terkenal adalah  ’’habis gelap terbitlah terang’’ surat ini berisi curahan hati dan cita-cita Kartini untuk menuntut persamaan hak dan kewajiban antara pria dan wanita. Terbitnya surat-surat Kartini, seorang perempuan pribumi sangat menarik perhatian masyarakat Belanda, dan inipun mengubah pandangan Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa. Atau semangatnya yang lebih kita kenal dengan Pejuang Emansipasi Wanita.

R.A. Kartini meninggal dunia di Rembang beberapa hari pasca melahirkan putra pertamanya yaitu pada tanggal 17 September 1904.

Untuk memperingati Hari Kartini, hari ini tim PKK Desa Ngroto Kismantoro mengadakan lomba kreasi Olahan dari Singkong. Acara dibuka oleh Bapak Kardi selaku Pj. Sekretaris Desa Ngroto yang mewakili Kepala Desa Ngroto yang tidak dapat hadir dikarenakan ada kepentingan. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ibu Kita Kartini dan Mars PKK.

Selamat Hari Kartini Wanita-Wanita Ngroto, Wanita-Wanita Kismantoro, dan Seluruh Wanita-Wanita Indonesia. (ErNa)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..