Selamat Hari Jadi Untuk Kabupaten Wonogiri Yang ke-276

0
635

kismantoro.or.id~KISMANTORO–Kabupaten Wonogiri bertambah usia, hari ini genap berumur 276 tahun. Perjalanan panjang yang dilalui dan ditempuh oleh Kabupaten Wonogiri sejak terbentuknya pada tahun 1741 M yang silam, semakin menambah kedewasaan untuk menjadi kabupaten yang semakin berkembang, sejajar dengan kabupaten lainnya.

Lahirnya Kabupaten Wonogiri tak bisa dilepaskan dari perjuangan seorang raden, putra dari Kanjeng Pangeran Aryo Mangkunegoro dan Raden Ayu Wulan dari Keraton Kartasuro, yakni Raden Mas Said atau yang dijuluki dengan Pangeran Samber Nyowo. Kata Wonogiri berasal dari bahasa jawa wana (alas/hutan/sawah) dan giri (gunung/ pegunungan), kata ini sangat tepat menggambarkan kondisi wilayah Kabupaten Wonogiri yang memang sebagian besar berupa sawah, hutan dan gunung.

Cikal bakal pemerintahan Wonogiri adalah di Bumi Nglaroh yang sekarang berada di wilayah Kecamatan Selogiri. Tepatnya pada hari Rabu Kliwon tanggal 3 Rabiul Awal (Mulud) Tahun Jawa 1666, dalam perhitungan Masehi bertepatan dengan 19 Mei 1741, sehingga sampai sekarang, tanggal 19 Mei merupakan hari jadi-nya Kabupaten Wonogiri yang setiap tahun diperingati dan dilestarikan.

Dan hari ini, Jum’at Wage 19 Mei 2017, Kabupaten Wonogiri memperingati hari jadinya yang ke-276, seluruh warga Wonogiri antusias menyambut dan merayakannya. Dan sebagai wujud perayaan, semua aparatur baik pemerintahan, pendidikan, kesehatan, BUMD maupun pihak swasta mengenakan pakaian adat jawa.

Dengan tema “Gregeting Tanggap Warsa Kaping-276, Bebrayan Wonogiri Sangsaya Gumregah Cancut-Gumregud Sesarengan Mbangun Wonogiri”, Camat Kismantoro bersama seluruh warga masyarakat Kismantoro, mengucapkan Selamat Hari Jadi Ke-276 Kabupaten Wonogiri, mari bersatu Sesarengan Mbangun Wonogiri. (gun)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..