Rundown Event HUT RI Desa Bugelan

0
849
Atraksi Reog Singo Mudo Desa Bugelan

kismantoro.or.id ~ Desa Bugelan, Untuk agenda upacara memperingati hari Kemerdekaan Repiblik Indonesia pada tanggal 17 Agustus nanti rencananya Desa Bugelan akan mengadakan upacara tersendiri di lapanan Desa Bugelan, demikianlah dinyatakan oleh kepala desa Bugelan Paryanto.

Agenda ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme di tataran akar rumput. Upacara rencananya akan dihadiri oleh seluruh anggota perangkat Desa, PKK kader kesehatan anggota karang taruna setiap RT dan seluruh anggota ormas yang ada di bugelan serta anak anak sekolah dari sdn 1, 2 dan 3 Desa Bugelan serta dari SMP 4 Kismantoro. untuk pelaksanaan akan diserahkan kepada SMP 4 untuk tim paduan suara dan Paskibraka.

Misi utama peringatah HUT RI ke 71 Besa Bugelan tahun ini adaah menggali dan menghidupkan kembali potensi desa, baik budaya, ekonomi maupun lingkungan.

Even-even yang sudah di persiapkan pada acara puncak tgl 17 18 Agustus nanti agendanya akan diadakan pentas budaya dengan menampilkan seni Reyog Singo Mudo, seni campur sari young best nada dan atraksi seni tari dani anak anak remaja dan smp 4. serta berbarengan dengan akan diadakanya lomba lomba untuk anak anak dan pertandingan sepak bola anak yang akan digelar tanggal 18 full day dari pagi hingga malam.

Untuk malamnya akan disi dengan pentas budaya seni ketoprak Setyo Budoyo yang akan dimainkan oleh para pengurus karang taruna Desa Bugelan sendiri. hal ini dilakukan agar ada regenerasi pemain ketoprak dengan melibatkan potensi pemain pemain muda. Upaya ini dilakukan dengan tuuan menghidupkan kembali potensi budaya dan potensi kesenian di Desa Bugelan khususnya dan di Kismantoro pada umumnya.

Sedangkan khusus untuk even yang akan diadakan Bina Remaja bugelan adalah acara youth camp dan festival budaya  yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 agustus 2016. taggal 27 youth camp akan di pusatkan di pelataran parkis jurug muncar dan pintus masuk gunung kacang serta sedikit peserta di Gubes. Sedangkan untuk agenda api unggun akan disatukan di arena di puncak Gombong.

Misi utama Youth Camp menggali ptensi wisata alam dan menggagas konservasi alam di kismantoro. keresahan akan kerusakan lingkungan yang bisa berdampak negatif bagi kehidupan manusia akan coba kita gali dan kita sosialisasikan untuk penyadaran dalam menggali potensi alam yang ramah lingkungan.

Endingnya akan kita tarik untuk menggalang penghijauan dan konservasi hutan desa bugelan untuk perlindungan satwa monyet jawa dan harimau jawa di gunung kacang dan hutan Bugelan. Di even Youth Camp nanti akan kita adakan hearing dengan berbagai kelompok tentang bagaimana strategi membangun wisata alam sekaligus menata konservasi lingkungan.

Sedangkan even tanggal 28 agendanya full dari pagi hingga malam. Pagi akan kita tampilkan berbagai jenis kesenian lokal yakni seni Reyog Singo Mudo tari Ketek Ogleng Bina Remaja. seni campursari sekar arum dari Dusun Waru.

Seni tari tari dari Bina Remaja dan pada malam harinya akan kita tampilkan kolaborasi antara seni ludruk dari Dusun Waru dan Cabol dikolaborasikan dengan seni campur sari ringkes atau Elektun/Organ tunggal Sekar Arum. Rencananya kita juga ingin menampilkan Seni Ketoprak Setyo Budoyo dari grup PSHT Kismantoro sebagai jenis tampilan seni yang disumbangkan oleh ormas PSHT Rayon Bugelan, tapi belum fix karena kami masih terkendala pendanaan.

Purwanti ( Jurnalis kismantoro.or.id )

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..