Rakor Rutin BKAD UPK PNPM Kismantoro

0
1333

kismantoro.or.id. ~ Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakar (PNPM) memiliki Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) meskipun di Kecamatan Kismantoro program PNPM telah berakhir namun guna memelihara dan melestarikan aset-aset eks PNPM maka UPK Kecamatan Kismantoro melalui Pengurus BKAD masih terus mengadakan kegiatan.

Terbukti masih adanya Rapat Koordinasi (Rakor) rutin BKAD Kecamatan Kismantoro bersama steakholder BKAD dan Pengelola harian UPK, yang dilaksanakan hari Jum’at tanggal 01 Juli 2016, jam 13.00 wib di kantor BKAD kompleks Kantor Pemerintah Kecamatan Kismantoro.

Dalam Rakor tersebut dibahas evaluasi kegiatan penyerahan dana RTM atau dana surplus UPK tahun 2015 yang sudah diselesaikan dan telah diserahkan kepada para penerima di wilayah Desa/Kelurahan.

Untuk dana surplus sendiri merupakan dana di UPK yang digunakan untuk kegiatan sosial, bagi Desa/Kelurahan yang mendapatkan alokasi dana surplus tersebut harus membuat permohonan melalui proposal yang diajukan dari pihak Pemerintah Desa/Kelurahan kepada Ketua UPK Kecamatan Kismantoro.

Kemudian setelah proposal masuk akan dilanjutkan ke tahapan verifikasi oleh Tim Verifikasi Usulan Dana Surplus, setelah semua tahapan verifikasi dilaksanakan, Tim Verifikasi akan merekomendasikan kepada UPK guna penyerahaan dana surplus tersebut dengan memprioritaskan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM).

BKAD 3

Adapun proposal yang masuk tersebut meliputi proposal rehap rumah, ternak kambing, bantuan modal usaha dan bantuan sembako. Jumlah dana surplus UPK tahun 2015 yang diserahkan kepada RTM tahun 2016 ini sebesar Rp. 134.302.000,- ke masing-masing Desa/Kelurahan se Kecamatan Kismantoro dengan besaran yang bervariasi, tergantung jumlah kelompok yang ada di Desa/Kelurahan.

Hadir dalam rakor rutin BKAD tersebut adalah Kasi PMD Kecamatan Kismantoro, Bejo, S.I.P., Ketua BKAD, Paryanto, S.T., Ketua UPK, Sugiarsi, S.E. dan para peserta lain baik dari anggota BKAD maupun Tim UPK.

Dalam pengarahanya, Kasi PMD, Bejo, S.I.P. menyampaikan himbauan agar dana surplus dapat segera dibagikan kepada masyarakat, sesuai proposal dari masing- masing Desa/Kelurahan setelah melalui tahapan verifikasi.

Selanjutnya, Ketua UPK Sugiarsi, S.E. dalam laporannya selaku pengelola harian UPK Kecamatan Kismantoro menyampaikan total aset dana UPK Kecamatan Kismantoro sampai dengan bulan ini mencapai Rp. 6.975.244.148 dan berjanji dalam menjalankan tugasnya akan melayani dengan sebaik-baiknya karena mengemban amanah dari masyarakat Kismantoro.

Sedangkan Paryanto, S.T., selaku Ketua BKAD menyampaikan bahwa dengan kekompakan, kerjasama dari semua pihak, baik tim BKAD, stake holder dan UPK, serta dukungan dari pihak Pemerintah Kecamatan dan pihak Desa /Kelurahan maka dalam mengemban amanah, menjaga dan melestarikan aset eks PNPM di Kecamatan Kismantoro bisa lebih baik.

“Rencananya BKAD nanti akan diagendakan temu akbar bersama-sama kelompok yang ada dengan disertai acara pembagian doorprize, mudah-mudahan bisa terlaksanan dan kepada masyarakat dimohon menunggu kapan pelakasanaan temu akbar tersebut, untuk sementara ini direncanakan akan dilaksanakan sekitar bulan Agustus 2016,” tuturnya.

Laporan : Edi Purnomo ~ Jurnalis kismantoro.or.id.

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..