Posyandu Kikis Gedawung

0
633

kismantoro.or.id. ~ Pos pelayanan keluarga berencana kesehatan terpadu (posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

Jadi, posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat dibidang kesehatan yang dilaksanakan oleh petugas puskesmas. Kemarin tim mengikuti kegiatan tersebut dibalai Dusun Kikis, Desa Gedawung.

Dibawah pantauan bidan Heni Susilowati, A.Md. Keb. yang merupakan bidan Desa Gedawung serta bp. Andri petugas Puskesmas untuk Desa Gedawung.

Bersama masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelaksanaan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mmpercepat menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Yang memantau tumbuh kembang anak-anak, posyandu ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap bulan,” kata Herwiati yang merupakan salah satu kader posyandu tersebut.

Didusun Kikis ini posyandu diikuti 2 RW sekaligus menjadi 1 yang merupakan gabungan 2 kelompok yaitu, Bina Keluarga Balita (BKB) “Ngudi Lestari” RW. 09 dan terdiri dari 4 RT dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPKKS) “Kikis” RW.10 yang terdiri dari 4 RT.

Memang sengaja digabung menjadi 1 karena untuk mempermudah bagi masyarakat, dipilih lokasi yang strategis dan merupakan ditengah-tengah lingkungan dusun.

Seperti biasa kegiatan ini diawali pendaftaran untuk menentukan nomor antrian dan diteruskan penimbangan anak untuk pemantauan peningkatan pertumbuhan dan perkambangannya dan pembagian gizi dan vitamin serta makanan sehat diantaranya telor, bubur, agar-agar dan sebagainya.

Kemudian dicatat di KMS dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. KMS adalah kartu untuk mencatat dan mamantau perkembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan.

Laporan : Reymond Supriyanto (jurnalis kismantoro.or.id)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..