PERYANIDHA Ponpes SGJ Kismantoro

0
1774

kismantoro.or.id. ~ Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati (SGJ), Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro melaksanakan salah satu kegiatan yakni PERYANIDHA (Perkemahan Perayaan Idul Adha) yang dimulai pada hari Senin (12/09) hingga Rabu (14/09). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Bonggi, Desa Gambiranom. Dengan peserta 340 santri Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun yang bertepatan dengan hari raya Idul Adha.

“Tujuan diadakannya PERYANIDHA ini untuk syiar agama Islam melalui Gerakan Pramuka dan bersosialisasi tentang adanya Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati,” ungkap Ketua Panitia, Badrus Solih, S.Pd.I.

Sebelum berangkat ke bumi perkemahan, semua santri melaksanakan sholat Ied di masjid pondok, dan dengan berjalan kaki bersama-sama menuju Bumi Perkemahan. Panitia kegiatan adalah Dewan Asatidz dibantu pengurus OSIS (Tri Handoko) dan Koordinator Pramuka (Kurniawan Ardi S) sebagai ketua.

Pembukaan ditandai dengan upacara dan pendirian tenda yang dipimpin langsung oleh Pembina Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Drs. K.H.Sutrisno Yusuf, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “Perkemahan ini bertujuan untuk belajar agar lebih mandiri, disiplin dan belajar untuk bersosialisasi dalam masyarakat”.

Santri belajar mandiri dan disiplin, terbukti dalam melaksanakan shalat lima waktu selalu berjamaah baik di masjid maupun di bumi perkemahan. Pada malam pertama, kegiatan tersebut mengadakan Muhadzoroh (Pengajian) yang menampilkan Hadroh putra dari pondok pesantren Sunan Gunung Jati. Hadroh tersebut telah menjuarai ditingkat propinsi dengan meraih juara 3.

Tidak hanya itu, juga ditampilkan pula Orasi dari Santri Putri yang juga menjuarai ditingkat Kabupaten dan Propinsi, yakni Orasi bahasa Arab oleh Aulia Azizatul F (Juara 1 Tingkat Kabupaten), Orasi Bahasa Inggris oleh Ilma Yulqowin (juara 3 Tingkat Provinsi) dan Orasi Bahasa Indonesia oleh Evi Lestari (Juara 1 Tingkat Kabupaten).

Laporan : Noor Janah (kismantoro.or.id.)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..