Penyaluran Dana Bantuan PKH Triwulan III Tahun 2016 Kecamatan Kismantoro

0
1002
©kismantoro.or.id/foto : edi p/pencairan di balai kelurahan kismantoro

kismantoro.or.id~KISMANTORO-Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Kismantoro kembali mengadakan kegiatan penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk triwulan III di tahun 2016 ini. Program Keluarga Harapan (PKH)  merupakan pemberian bantuan tunai bersyarat kepada ibu rumah tangga yang mempunyai kategori antara lain Ibu hamil, Balita, Anak usia prasekolah, anak SD/MI, anak SMP/MTs, anak SMK/SMA atau sederajat. Adapun data base peserta Program Keluarga Harapan (PKH) sudah ditentukan oleh Kementerian Sosial Republik Indosesia dengan basis dari keluarga sangat miskin. Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) tidak hanya mendapatkan hak memperoleh bantuan tunai saja, akan tetapi harus berkomitmen melaksanakan kewajiban yang sudah ditentukan, antara lain : Ibu hamil harus rutin memeriksakan kehamilannya ke bidan Desa atau Puskesmas, Ibu balita harus rutin menimbangkan anaknya ke posyandu, Ibu yang mempunyai anak sekolah harus memperhatikan kehadiran kesekolahnya lebih dari 85% dalam sebulan. Apabila ibu peserta Program Keluarga Harapan (PKH) tidak komitmen melaksanakan kewajiban maka akan mendapatkan sanksi berupa pemotongan bantuan secara otomatis oleh system dan bahkan jika selama 6 bulan berturut-turut tidak komitmen maka bantuan tersebut akan dihentikan. Kewajiban lain dari ibu peserta Program Keluarga Harapan (PKH) adalah menghadiri pertemuan kelompok yang diselenggarakan oleh Petugas Pendamping setiap bulannya, dengan tujuan agar peserta Program Keluarga Harapan (PKH) mendapatkan hak pendampingan program oleh petugas.

©kismantoro.or.id/foto : edi p/pencairan di balai kelurahan kismantoro
©kismantoro.or.id/foto : edi p/pencairan di balai kelurahan kismantoro

Pada hari Rabu s/d. Sabtu, tanggal 12 s/d. 15 Oktober 2016 Kantor Pos Cabang Kismantoro bersama Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) telah menyalurkan Dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)  kepada sejumlah 1.615 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Penyaluran dana hari pertama pada Rabu (12/10) untuk 3 desa, yaitu Desa Ngroto, Desa Gedawung dan Desa Lemahbang dengan total penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di hari pertama adalah sebanyak 539 KPM dengan total jumlah bantuan senilai Rp. 156.725.000,-

Dalam kegiatan penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tersebut Petugas TKSK, Rismianto, Penyuluh Sosial Distrik Purwantoro, Larmo dan Kasi Kesra Kecamatan Kismantoro, Warmin, S.Sos., ikut terjun langsung ke lokasi guna mengawal jalannya penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Kismantoro. Penyaluran tersebut dilaksanakan di Balai Kelurahan Kismantoro mulai dari pukul 08.00 s/d. selesai yang melibatkan5 orang Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), yakni Agus Saryanto, S.T., Ari Kurniawati, S.I.P., Sawitri, S.Pd., Dwi Santoso, S.Sos. dan Taufik Ismail, S.Pd. Kegiatan penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) secara keseluruhan dapat berjalan dengan lancar dan 100% sudah diambil semuanya oleh peserta,” terang Agus Saryanto selaku Koordinator Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Kismantoro.

©kismantoro.or.id/foto : edi p/pencairan komunitas di ngrandu, plosorejo
©kismantoro.or.id/foto : edi p/pencairan komunitas di ngrandu, plosorejo

Pada kesempatan yang sama, Rismianto menuturkan bahwa selaku Petugas TKSK selalu terlibat untuk membantu kelancaran penyaluran bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk penyaluran bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) padahari yang ke-2 akan diberikan kepada 567 KPM dengan total nilai bantuan sebesar Rp. 181.736.250,-, kemudian pada hari ke-3 akan dilakukan penyaluran bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH)  kepada 346 KPM senilai Rp. 104.400.000,- dan pada hari terakhir atau pada hari Sabtu (15/10) dilaksanakan penyaluran bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 163 KPM dengan total nilai bantuan Rp. 46.262.500,-,” terang Agus Saryanto lagi.

Pada hari terakhir penyaluran dilakukan secara komunitas yaitu Petugas Pos didampingi Program Keluarga Harapan (PKH)  mengunjungi kelompok peserta Program Keluarga Harapan (PKH) yang lokasi wilayahnya terjauh untuk menyalurkan bantuan. Penyaluran komunitas dilaksanakan di Rumah Kepala Dusun Ngrandu Desa Plosorejo dan Balai Desa Bugelan dikarenakan jarak tempuh dari warga masyarakat Dusun Ngrandu Plosorejo dan Desa Bugelan yang sangat jauh,” terang Agus Saryanto.
Masih dari Agus Saryanto, menuturkan bahwa pada rincian penyaluran hari terakhir yaitu pada pukul 08.30-09.30 berlokasi di Rumah Kepala Dusun Ngrandu, Plosorejo untuk 28 KPM dengan jumlah bantuan dana Rp. 7.725.000,- kemudian pada pukul 10.00-12.00 bertempat di Pendopo Balai Desa Bugelan untuk 135 KPM dengan jumlah senilai Rp. 38.537.500,-,” katanya.

©kismantoro.or.id/foto : edi p/pencairan komunitas di balai desa bugelan
©kismantoro.or.id/foto : edi p/pencairan komunitas di balai desa bugelan

Sedangkan tujuan utama PKH adalah membantu mengurangi kemiskinan dengan cara meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pada kelompok masyarakat sangat miskin. Dalam jangka pendek, bantuan ini membantu mengurangi beban pengeluaran RTSM, sedangkan untuk jangka panjang, dengan mensyaratkan keluarga penerima untuk menyekolahkan anaknya, melakukan imunisasi anak balita, memeriksakan kandungan bagi ibu yang sedang hamil dan perbaikan gizi, diharapkan akan memutus rantai kemiskinan antar generasi.

Semoga dengan Program Keluarga Harapan (PKH) bisa mengurangi angka kemiskinan diwilayah Kecamatan Kismantoro dan tentunya masyarakat yang dibantu dengan Program PKH bisa digunakan sesuai tujuan Program Keluarga Harapan (PKH) sehingga upaya pemerintah mengurangi kemiskinan bisa berjalan maksimal. Ayo Sesarengan Mbangun Wonogiri (edi)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..