Pengembangan Cabai Keriting Di Desa Gambiranom

0
980

kismantoro.or.id~GAMBIRANOM-BPP Kecamatan Kismantoro telah usai melaksanakan sosialisasi kegiatan pendampingan pengembangan holtikultura (tanaman cabai kriting) dana APBD Kabupaten Wonogiri tahun anggaran 2016 yang bertempat di BPP Kecamatan Kismantoro yang pada kesempatan itu dipimpin langsung oleh Kabid Holtikultura Kabupaten Wonogiri dan dihadiri oleh koordinator PTPH Kecamatan Kismantoro beserta PPL dan petani calon penanam cabe dari 5 Kelompok Tani yaitu:

1.Ngudi mulyo Desa Pucung
2.Sido Dadi Kelurahan Kismantoro
3.Malanggati Desa Plosorejo
4.Dadi Makmur Desa Gambiranom
5.Ngudi Bogo Desa Bugelan

Pada kesempatan kali ini tim kismantoro.or.id terjun langsung disalah satu kelompok tani yaitu Dadi Makmur di Desa Gambiranom.
Rahwito S.Pd., selaku ketua Kelompok Tani Dadi Makmur menjelaskan tentang upaya penanaman cabai rawit di Desa Gambiranom, yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani cabai khususnya anggota kelompok tani Dadi Makmur dan seluruh warga Desa Gambiranon pada umumnya, selain itu juga mengenalkan jenis tanaman lain selain Padi,Jagung dan Kedelai (PAJALE).

Bantuan yang disalurkan selain benih cabai kriting juga berupa pupuk,obat-obatan, mulsa dan handsprayer.
Bantuan jenis cabai kriting sebanyak ± 18.000 batang tersebut, diberikan kepada Kelompok Tani Dadi Makmur dengan luasan lahan 1 hektar, yang akan diterima dan dikelola oleh 7 orang dari anggota Kelompok Tani Dadi Makmur dan nantinya akan menerima benih cabai sesuai luasan lahan masing-masing.

Pembuatan bibit pada (24/08/16) dan usia tanam benih ± 35 sampai dengan 50 hari. Penanaman dimulai pada hari Rabu (05/10/16) dan usia panen nanti berkisar 3 sampai dengan 6 bulan setelah masa tanam.

Salah satu anggota Kelompok Tani yang bernama Mino, yang mengelola pembuatan bibit cabai mengaku senang dan sangat terbantu dengan bantuan benih cabai ini, Mino akan menanam dan mengelola bantuan benih cabai ini dengan baik sesuai petunjuk dan aturan yang dianjurkan oleh petugas pendamping.

Siti Nurjanah Sari-kismantoro.or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..