Pelepasan Sekdes PNS

0
11264

kismantoro.or.id ~ Sejenak menengok UU 32 Tahun 2004 pasal 202 ayat (3) yang menyatakan bahwa Sekretaris Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diisi dari Pegawai negeri sipil yang memenuhi persyaratan. Dan PP Nomor 45 Tahun 2007 pasal 14 yang menyatakan Sekretaris Desa yang diangkat menjadi PNS berdasarkan Peraturan Pemerintah ini dapat dimutasikan setelah menjalani masa jabatan Sekretaris Desa sekurang-kurangnya 6 (enam) tahun. Ketentuan itu dihitung dari penandatanganan surat pernyataan atau penerimaan SK pengangkatan sebagai PNS.

Namun, dengan diberlakukan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa bisa memberi peluang kepada mereka untuk menentukan pilihan, tetap menjadi sekdes PNS sampai pensiun atau mengajukan pindah tugas di SKPD, sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan organisasi pemerintah daerah. Menyongsong implementasi UU tersebut, posisi sekdes PNS ke depan kini dihadapkan pilihan dilematis. Pasalnya, saat ini status kepegawaiannya tetap sebagai abdi negara yang terikat dengan aturan kepegawaian.

Sementara saat menjalankan tugas dan kewenangan sebagai sekdes, posisinya tetap sama dengan perangkat desa lain, sebagai pegawai desa. Perbedaannya, sekdes yang diangkat menjadi PNS aturan penggajiannya mengikuti aturan kepegawaian disesuaikan dengan golongan dan masa kerja, rata-rata sekdes PNS yang berasal dari perangkat desa ketika diangkat golongannya IIa, setara lulusan SMA. Berbeda dengan PNS yang ditempatkan sebagai sekdes di sejumlah desa, golongannya ada yang sudah sampai IIIa maupun IIIb.

Menyikapi terbitnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang secara gamblang menyatakan bahwa tidak ada perangkat desa yang berstatus PNS, maka para Sekretaris Desa di Kabupaten Wonogiri pada umumnya memiliki dua pilihan, yaitu pertama tetap bertahan di desa sebagai PNS sampai dengan diterbitkannya peraturan yang lebih jelas dan yang kedua mengajukan permohonan pindah tugas atau mutasi ke SKPD lain.

Dalam hal ini, untuk Kecamatan Kismantoro, para sekdes yang berstatus PNS telah mengajukan permohonan pindah tugas atau mutasi kepada Bupati Wonogiri sehingga pada awal bulan Januari 2015, Bupati Wonogiri telah memberikan persetujuan pindah atau mutasi bagi para sekdes PNS di Kecamatan Kismantoro, dibuktikan dengan diterbitkannya Surat Keputusan Bupati Wonogiri Nomor : 821.2/007 Tahun 2015 tentang Pemindahan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, tertanggal 2 Januari 2015. Sehingga secara resmi para sekdes PNS di Kecamatan Kismantoro sejak tanggal 2 Januari 2015 telah beralih tugas ke SKPD lain sesuai penempatan oleh Bupati Wonogiri.

Dan untuk kelancaran jalannya pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di desa, sesuai aturan yang ada Kepala Desa dapat menunjuk Penjabat Sekretaris Desa dari Perangkat Desa yang dianggap mampu untuk menjalankan tugas dan kewenangan dari Sekretaris Desa. Beberapa desa sudah melaksanakan penunjukan Penjabat Sekretaris Desa karena memang penting untuk segera mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Sekretaris Desa PNS agar dapat menjalankan tugas dan kewenangan sebagai seorang Sekretaris Desa. Selain penunjukan Pj. Sekdes, beberapa desa juga melaksanakan pelepasan Sekretaris Desa PNS yang telah beralih tugas agar hal tersebut diketahui oleh warga masyarakat di desa masing-masing.

Dalam acara pelepasan Sekdes PNS tersebut, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., MM., berkenan menghadiri acara ke masing-masing desa dan memberikan sambutan sekaligus penjelasan terkait pemindahan Sekdes PNS, baik dari sisi aturan yang berlaku dengan terbitnya UU Desa, sampai pada Penjabat Sekretaris Desa yang nantinya ditunjuk oleh Kepala Desa.

Berikut daftar Sekretaris Desa PNS yang dipindah tugaskan ke SKPD lain di Kecamatan Kismantoro ;

No Nama NIP Jabatan Lama Jabatan Baru
1 Kasman 19670705 200701 1 046 Sekdes Lemahbang Pengadministrasi UmumKel. Gesing
2 Yatno 19750206 200906 1 001 Sekdes Ngroto Pengadministrasi UmumKel. Kismantoro
3 Jamari 19720201 200906 1 002 Sekdes Miri Pengadministrasi Kepegawaian dan Barang Kec. Kismantoro
4 Nyono 19700604 200906 1 001 Sekdes Bugelan Penyusun dan Pengolah Data Administrasi Pemerintahan Kec. Kismantoro
5 Joko Ismanto 19750905 200906 1 004 Sekdes Plosorejo Bendahara Pengeluaran Kec. Kismantoro
6 Gunawan Wibisono 19791111 201001 1 003 Sekdes Pucung Penyusun dan Pengolah Data Administrasi Perencanaan dan Pelaporan Kec. Kismantoro

 

 

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..