Paskibraka 2016 Kecamatan Kismantoro Disiapkan

0
1236

kismantoro.or.id. ~ Paskibraka Kecamatan Kismantoro Tahun 2016 disiapkan, sebanyak 45 siswa-siswi SMK Negeri 1 Kismantoro dan Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati telah menjalani sesi latihan di Lapangan Sepak Bola Kismantoro. Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) ini nantinya disiapkan dalam rangka pengibaran bendera pusaka merah putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 Tahun 2016.

Tim paskibraka ini berjumlah 45 anggota yang terdiri dari 28 anggota perempuan dan 17 anggota laki-laki yang berasal dari siswa-siswi SMK Negeri 1 Kismantoro sebanyak 22 pelajar dan siswa-siswi Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Kismantoro sebanyak 23 pelajar.

Sebanyak 45 anggota paskibraka ini telah menjalani sesi latihan di Lapangan Sepak Bola Kismantoro sejak tanggal 22 Juli setelah sebelumnya para pelajar ini melalui proses seleksi dari tim pelatih di sekolahnya masing-masing.

Bertindak sebagai Tim Pelatih dari jajaran anggota Polsek Kismantoro yaitu Aiptu Hari Purwoko dan Aiptu Budiyanto sedangkan dari jajaran anggota Koramil Kismantoro adalah Sertu Sutardi dan Sertu Puryanto dan yang bertugas sebagai Koordinator Seksi Upacara Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-71 adalah Suwarno dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kismantoro.

Saat ditemui dilokasi latihan, Tim Pelatih, Aiptu Hari Purwoko menyampaikan bahwa anggota paskibraka berjumlah 45 pelajar dari SMK Negeri 1 Kismantoro dan Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati, ini adalah jumlah ideal yang kami (tim pelatih) targetkan sesuai dengan formasi yang sudah kami siapkan,” katanya.

Saat seleksi, para anggota paskibraka ini kami ambil 50 pelajar guna mengantisipasi adanya yang mengundurkan diri dan ternyata ada lima yang mundur dengan alasan yang berbeda-beda sehingga jumlah akhir yang kami latih ada 45 dan insha alloh ini jumlah yang sudah positif,” kata Aiptu Hari Purwoko menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Sertu Puryanto turut membenarkan jika ada anggota paskibraka yang mengundurkan diri, ada yang karena masalah kesehatan tapi ada juga yang karena dilarang oleh pacarnya, “bener lho mas, kemarin ikut seleksi dan lolos dan sudah ikut latihan sekali tapi sama ceweknya dilarang ikut mas, jadi yaa…dia pilih mundur,” katanya sambil tertawa.

Saat tim kismantoro.or.id mengajukan pertanyaan kepada tim pelatih, apa saja kendala yang dihadapi saat melatih anggota paskibraka, Sertu Puryanto mengatakan, “jika tahun ini memang beda dengan tahun kemarin, tahun ini para anggota paskibraka unggul disegi daya tangkap, mereka lebih cepat menerima dan merespon materi maupun teknis yang kami sampaikan namun mereka cenderung sedikit manja,” katanya.

Tim pelatih lain, Sertu Sutardi membenarkan pernyataan Sertu Puryanto, para anggota paskibraka ini memang sedikit manja dan mudah capek, dari kondisi fisik, anggota paskibraka tahun ini kalah jika dibanding tahun lalu, kadang dari pelatih perlu sedikit memberi aba-aba yang keras atau sedikit membentak, pasti esoknya ada yang bilang minta mundur,” kata Sertu Sutardi. “Makanya kami harus pandai-pandai mengatur strategi dalam melatih anggota paskibraka yang agak manja ini mas,” tambahnya lagi.

“Ke-45 anggota paskibraka ini akan menjalani latihan dari tanggal 22 Juli sampai 16 Agustus 2016 kecuali pada hari minggu mereka libur, sehingga ada 21 hari efektif dalam menjalani latihan,” kata Suwarno, Koordinator Seksi Upacara Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-71.

“21 hari menjalani latihan dan yang satu hari, yaitu pada hari-H mereka akan menjalankan tugas sebagai paskibraka jadi sekitar 22 hari para pelajar ini bergabung sebagai anggota paskibraka,” katanya lagi.

Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., saat ditemui di ruang kerjanya, menjelaskan bahwa, “tahun ini adalah tahun kedua saya melaksanakan upacara untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI dalam mengemban amanah sebagai Camat di Kismantoro, untuk keberadaan paskibraka ini sejak tahun-tahun sebelumnya sudah ada dan berjalan sesuai dengan ketentuan sehingga ini bukan hal yang baru,” jelasnya.

“Saya berharap, para anggota paskibraka ini benar-benar mengikuti latihan dengan serius agar pada saatnya nanti bertugas sebagai pengibar bendera dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu saya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Kismantoro, semuanya saja, untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan peringatan HUT ini karena saat ini tugas kita untuk mempertahankan kemerdekaan, adalah mengisinya dengan hal-hal yang positif,” tambahnya. (GW #jurnalis)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..