Pasar Murah Di Kismantoro, Jos Tenan

0
914

kismantoro.or.id. ~ Guna mengendalikan lonjakan harga kebutuhan masyarakat menjelang lebaran tahun ini serta untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya menjelang Lebaran, Pemkab Wonogiri menggelar pasar murah pada hari Rabu, 29 Juni 2016 di Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro mulai pukul 08.00 sampai selesai.

Pada minggu terakhir bulan Juni ini atau H-7 lebaran tahun ini, beberapa harga kebutuhan pokok masyarakat cenderung stabil, ada beberapa kenaikan pada barang-barang tertentu saja.

Saat pembukaan acara pasar murah, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa terlaksananya pasar murah di Kecamatan Kismantoro ini adalah bentuk keseriusan Bupati Wonogiri dalam membantu masyarakat terutama warga yang kurang mampu dalam mencukupi kebutuhan menjelang Hari Raya ‘Idul Fitri tahun ini.

Saat dijumpai dilokasi pasar murah, Camat Kismantoro menyebut bahwa Bupati Wonogiri benar-benar serius untuk membantu masyarakat kurang mampu di Kismantoro, itu terbukti untuk kegiatan pasar murah ini.

“Bapak Joko Sutopo selaku Bupati Wonogiri telah menggandeng tiga perusahaan toko modern yang ada di Kabupaten Wonogiri, yaitu Alfamart, Baru Toserba dan Luwes agar menyediakan paket-paket untuk masyarakat miskin dengan memanfaatkan Program CSR perusahaan masing-masing,” terang Camat Kismantoro menjelaskan.

Ia juga menghimbau kepada warga masyarakat agar antri dan tertib karena jumlah kupon yang dibagikan jumlahnya sama dengan paket yang disediakan.

Paket tersebut senilai Rp. 40.000,- jika dibeli di toko-toko atau dipasaran umum namun di pasar murah ini masyarakat cukup membayar Rp. 20.000,- saja dengan catatan masyarakat datang dengan membawa kupon resmi dari Pemkab Wonogiri.

Adapun isi paket tersebut diantaranya adalah minyak goreng, sirup, gula pasir, teh tabur, kue, kecap dan mie instan yang dikemas dalam plastik baik dari Alfamart, Baru Toserba maupun Luwes.

Kupon paket untuk warga miskin berjumlah 875 lembar dan dibagi untuk 10 desa/kelurahan di Kecamatan Kismantoro dan bagi penerima kupon dapat membeli paket dengan datang sendiri ke lokasi pasar murah, tetapi khusus untuk empat desa yang jaraknya jauh, pembelian paket dibantu dikoordinir oleh perangkat desa dengan mengangkutnya menggunakan mobil bak terbuka yang dikawal petugas dari Satpol PP, kepolisian dan Relawan Peduli Kismantoro dengan maksud agar paket tersebut benar-benar diterima oleh masyarakat yang berhak menerima. Empat desa tersebut adalah Desa Bugelan, Desa Ngroto, Desa Plosorejo dan Desa Pucung.

Seorang warga bernama Krusuk terlihat antusias saat keluar dengan menenteng satu paket sembako, ketika kami minta melihat isi paket tersebut, menyebutkan bahwa dia adalah warga dari Desa Miri merasa sangat senang dengan adanya pasar murah ini.

“Pasar murah agar digelar tidak hanya saat datang lebaran saja, lebih sering lebih baik supaya warga miskin seperti kami ini benar-benar terbantu, Jos tenan,” kata Krusuk sambil tersenyum.

Di tempat terpisah kami mencoba konfirmasi kepada perangkat Desa Pucung bernama Suyat (Kaur Kessos), membenarkan bahwa untuk paket bagi warga kurang mampu di Desa Pucung pengambilannya ke pasar murah dikoordinir oleh perangkat desa dan saat ini warga sudah menunggu di balai desa

“Namun warga tetap membayar sesuai harga yang telah ditentukan yaitu Rp. 20.000,-, sedangkan untuk transportasi pengangkutan sudah ditanggung pihak desa.” terang Suyat meyakinkan.

Selain paket yang berkupon bagi warga yang kurang mampu dalam pasar murah tersebut juga dijual bagi masyarakat umum, yaitu beras dengan harga Rp. 7.500,- perkilogram dengan kemasan kantong plastik untuk 5 kg dan 2 kg.

Sedangkan gas LPG dijual dengan harga Rp. 15.500,- pertabung, masyarakat yang membeli gas LPG diwajibkan membawa KTP dengan catatan satu KTP hanya diperkenankan membeli satu tabung saja.

Laporan : Reymond Supriyanto ~ Jurnalis kismantoro.or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..