Pasang Surut Industri Genteng di Desa Lemahbang

0
945

kismantoro.or.id ~ Tim kismantoro.or.id menelusuri industri genteng yang cukup terkenal kualitasnya, yaitu di Dusun Janggle, Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro. Genteng yang sudah melegenda sejak tahun 1970an ini, dahulu berawal dari genteng kasutan (genteng jowo), kini dengan perkembangan jaman banyak yang beralih menjadi genteng modern (pres).

Salah satu pengusaha genteng yang di temui kismantoro.or.id yaitu Jaiman Dwi Cahyo, dia mengatakan akhir-akhir ini usaha genteng miliknya mengalami kemunduran, pasalnya kalah bersaing harga dengan daerah lain seperti Nggelang, Talesan Purwantoro dan Girimarto. Jaiman berharap ada perseorangan/ toko-toko material (bahan bangunan) yang mau menampung gentengnya, karena stok semakin menumpuk tetapi pembeli belum ada.

Tim kismantoro.or.id, lalu menemui ketua kelompok genteng, yaitu Siswandi, dia menyampaikan sudah berusaha menemui para pemilik toko material (bahan bangunan) salah satunya adalah Hasan Sitio, pemilik toko material “Berkat Abadi yang ada di Desa Miri, dalam waktu dekat akan menyeragamkan cetakan dan kedepan akan ditampung semua genteng yang ada di Dusun Janggle ini.

Dikarenakan, yang menjadi kendala adalah industri rumahan ini menggunakan cetakan genteng yang berbeda-beda, baik merk dan ukurannya sehingga ketika para pembeli butuh mendadak tidak bisa memperoleh barang dengan ukuran yang sama dalam junlah yang banyak.

Dalam kesempatan ini, Siswandi juga menerangkan bahwa kelompoknya baru saja mendapatkan bantuan hibah molen dari Disperindakop Kabupaten Wonogiri yang berguna untuk pengolahan tanah sebelum di cetak menjadi genteng. Selama setahun ini sudah terlihat pemanfaatan molen tersebut, namun ketika genteng semakin banyak yang menjadi kendala adalah pemasaranya.

Laporan : Siswandi ~ jurnalis kismantoro.or.id.

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..