Musrenbangcam Kismantoro Tahun 2016

0
1021

kismantoro.or.id ~ Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kismantoro Tahun 2016 kembali digelar di Pendopo Kecamatan Kismantoro pada hari Senin, 15 Februari 2016. Kali ini Musrenbang dilaksanakan dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2017 di SKPD Kecamatan Kismantoro.

Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., memimpin langsung acara tersebut dengan didampingi oleh Sekretaris Camat Kismantoro Joko Susilo, S.Sos., M.M., Kaplosek Kismantoro AKP Sargiata, S.Pd., Danramil Kismantoro Lettu. Inf. Dwi Supriyanto dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Wonogiri dari Daerah Pemilihan Wonogiri III selaku narasumber.

Gelaran Musrenbang Kecamatan Kismantoro Tahun 2016 ini, selain dihadiri oleh beberapa anggota DPRD, diantaranya Dangi Darmanto, S.H. (PPP), Catur Winarko (PDIP), Jarmono, S.E. (PKS), Marhendi Indriatmoko (PD), serta dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Wonogiri, Drs. Sunarso, M.M.

Ada yang berbeda pada Musrenbang Tahun 2016 ini yaitu diterapkannya aplikasi e-Musrenbang, suatu portal aplikasi perencanaan berbasis website yang dibangun untuk mendukung upaya sinergi perencanaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah baik di Pusat maupun di Daerah. Aplikasi ini dibangun dan dikembangkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas).

Dengan dikembangkannya e-Musrenbang berbasis website ini diharapkan dapat membantu mempermudah proses sinergi perencanaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah khususnya sinergi perencanaan dan penganggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, serta mendorong penerapan prinsip-prinsip governance (partisipatif, transparan, efektif dan efisiensi, serta akuntable) dalam pemberian pelayanan publik dari Kementerian PPN/Bappenas. Aplikasi e-Musrenbang mewajibkan SKPD provinsi dan Kabupaten/Kota yang di komando oleh Bappeda masing-masing kabupaten/Kota untuk mengisi Usulan prioritas Pebangunan wilayahnya masing-masing.

“Sebelum Musrenbangcam digelar dipendopo Kecamatan Kismantoro, masing-masing Desa/Kelurahan terlebih dahulu melaksanakan Musrenbang Desa/Kelurahan dari tanggal 6 s/d. 13 Januari 2016. Selain karena jadwal Musrenbang Desa/Kelurahan sudah ada time schedule dari Bappeda Kabupaten Wonogiri, seluruh rangkaian pelaksanaan Musrenbang Tahun ini dipantau baik dari Bappeda Kabupaten maupun Bappeda Propinsi melalui jejaring sosial baik whatsapp group maupun twitter,” ungkap Bejo, S.IP., Kasi PMD Kecamatan Kismantoro.

Oleh : GUNAWAN WIBISONO (Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Kec. Kismantoro)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..