Menyelamatkan Alam Dan Bumi Dengan Nguri-uri Tradisi Ngrekso Bumi di Bulukerto

0
1029

kismantoro.or.id ~ Sebagai salah satu bentuk keseriusan dan langkah kontinyu dari pegiat lingkungan Garda Bumi Hijau (GHB) sebagai salah satu organisasi lingkungan yang telah mengantarkan seorang pejuang lingkungan nasional asal Wonogiri Mbah Sadiman hingga mendapatkan Piala Kalpataru dari Presiden RI Joko Widodo, pada tanggal 1 Muharram 1458 H atau tepatnya hari minggu 2 Oktober 2016 kemarin, GHB bersama masyarakat Kecamatan Bulukerto menyelenggarakan peringatan Ngrekso Bumi di Gua Resi.

Acara yang merupakan peringatan tahunan untuk memperoleh keberkahan dari pelestarian bumi dan alam tersebut diisi dengan prosesi arak-arakan gunungan buah-buahan sayuran dan polo pendem dari lapangan Kecamatan Bulukerto menuju pelataran Gua Resi. Prosesi yang juga diramaikan dengan ratusan paket bungkusan makanan tradiusional dan belasan tumpeng yang dibuat sendiri oleh warga Desa Conto Bulukerto tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri  H. Tarso sebagai perwakilan pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Juga  Sekretaris Kecamatan Bulukerto Dra. Juariah, M.Sc, serta berbagai elemen relawan lingkungan dari seluruh wilayah Wonogiri seperti  TIM Bina Remaja Bugelan Kismantoro, komunitas pecinta lingkungan Wonogiri Saka Giri, komunitas CBCW, saka SMPN 1 Purwantoro, saka SMK 2 Wonogiri, tim SAR Wonogiri, FPTI (Forum Panjat Tebing Indonesia) wilayah Wonogiri, Banser Wonogiri, anggota Koramil Bulukerto  dan masih banyak lainnya.

Di dalam even yang merupakan kegiatan tahunan GHB tersebut Sekcam Bulukerto yang mewakili Camat Bulukerto menyatakan agar upaya pelestarian lingkungan dapat menjadi salah satu bentuk kepedulian masyarakat hingga tataran bawah. Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, H. Tarso juga menyatakan bahwa Bulukerto sebagai salah satu daerah yang masih memiliki potensi alam dan potensi budaya yang luar biasa hendaknya terus dilestarikan dengan partisipasi semua fihak.

Acara Ngrekso Bumi ini masih merupakan rangkaian program GHB untuk menghijaukan bumi Wonogiri yang juga sebelumnya telah dimulai cikal-bakalnya di Kecamatan Kismantoro melalui kegiatan Youth Camp dan simbolisasi penanaman 10.000 pohon yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kejer, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro yang diprakarsai oleh organisasi pemuda dan remaja Bina Remaja Bugelan pada tanggal 27-28 Agustus 2016.

Sebagai kelanjutan agenda tersebut akan diadakan penghijauan dan penanaman pohon di beberapa wilayah yang rawan bencana longsor dan lahan kritis sebagai area konservasi hewan monyet Jawa. Agenda penanaman 10.000 pohon yang puncaknya akan diselenggarakan pada tanggal 28 November 2016 mendatang juga akan dihadiri relawan dari berbagai daerah sebagai bentuk kepedulian para pecinta alam terhadap kerusakan lingkungan di wilayah Wonogiri. (Purwanti, M.Pd)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..