Masjid Baru Semangat Baru

0
745
Jamaah yang hadir pada acara peresmian//foto:yoyok e ©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~PUCUNG-Perwakilan Yayasan Bina Muwahidin Surabaya, Sarto meresmikan Masjid Abdul Majid Al Baiz Dusun Gandring, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri, pada Selasa (18/10) kemarin.

Ketua Takmir Masjid sekaligus Ketua Forum Takmir Masjid se-Desa Pucung, Noer Khodim menjelaskan sejarah berdirinya Masjid Bani Adam. Berawal dari adanya kelompok jamaah yang terlantar karena tidak mempunyai tempat untuk beribadah. Pada saat itu jamaah ikut beribadah ke wilayah lain dan itupun masih menggunakan rumah warga. Berangkat dari hal tersebut pada tahun 1990 para jamaah akhirnya berhasil mendirikan masjid yang juga dibantu oleh Bapak Tono selaku Kepala Desa pada saat itu.

“Seiring berjalannya waktu, jamaah Masjid Bani Adam semakin bertambah sehingga sudah tidak mampu lagi menampung jamaah shalat Idul Fitri maupun Idul Adha. Di sisi lain pembangunan masjid Bani Adam berhenti di tempat karena terkendala dengan biaya. Maka dari itu pada Februari 2016 kami berinisiatif untuk mengajukan bantuan pembangunan ke Yayasan Bina Muwahidin Surabaya dan alhamdulillah permohonan kami dikabulkan.” ucap Ketua Takmir dalam sambutannya.

“Dengan bantuan dana 139.000.000 dari Yayasan Bina Muwahidin Surabaya ditambah swadaya masyarakat dan donator, akhirnya rekonstruksi Masjid Bani Adam selesai dan akan diresmikan malam ini. Kemudian dengan selesainya pembangunan ini nama Masjid Bani Adam resmi diganti menjadi Masjid Abdul Majid Al Baiz,” lanjut Ketua Takmir.

“Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada Yayasan Bina Muwahidin Surabaya yang telah membantu pembangunan masjid ini,” tutupnya.

Kepala Desa Pucung yang diwakili Kadus Gupakan, Darmadi mengatakan bahwa Pemerintah Desa Pucung sangat berterima kasih kepada Yayasan Bina Muwahidin Surabaya yang telah membantu pembangunan Masjid Abdul Majid Al Baiz.

“Kami berpesan setelah berdirinya masjid ini, masjid adalah tempat ibadah, juga tempat strategis bertemunya umat Islam, juga bisa untuk tempat pendidikan, TPA dan tempat untuk mensyiarkan Islam. Maka dari itu manajemen masjid juga sangat penting untuk memakmurkan masjid, karena membangun masjid itu mudah akan tetapi memakmurkan masjid akan lebih sulit,” ucap Darmadi.

Perwakilan Yayasan Bina Muwahidin Surabaya, Sarto mengatakan “Kami sangat berterima kasih sekali kepada panitia pembangunan, Takmir Masjid dan semua pihak yang telah ikut dalam pembangunan masjid ini. Semoga mendapatkan pahala yang besar, pahala yang mengalir meskipun sudah mengahadap Allah,” kata Sarto.

“Dengan selesainya pembangunan masjid ini, kemakmurannya juga perlu dilaksanakan. Marilah kita makmurkan bersama-sama dan Insya Allah pahalanya akan terus bertambah. Kami berharap untuk kegiatan-kegiatannya dimaksimalkan setelah diresmikan,” lanjut Sarto.

Setelah penyerahan masjid secara simbolis dari Yayasan Bina Muwahidin Surabaya kepada Takmir Masjid, kemudian acara dilanjutkan dengan Tausiyah dari Ustadz Yasir. Acara peresmian ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kismantoro, Drs. H. Hasyim Khoiman, M.Pd.

Yoyok Ernowo-kismantoro.or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..