Marhaban Yaa Ramadhan

0
1076

kismantoro.or.id. ~ Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh umat Islam karena berbagai macam keutamaan di dalamnya seperti berlipat-lipatnya pahala, diampuni dosa dan turunnya rahmat serta keberkahan Allah. Tak hanya itu saja di dalamnya juga terdapat suatu malam yang jika mampu mendapatkannya, maka kita akan memperoleh pahala seperti seribu bulan.

Sebuah bulan yang sarat dengan kemuliaan. Hasil Sidang Isbat hari ini (5/6/2016) telah menetapkan awal Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016. Dengan demikian tahun ini ibadah puasa akan dijalankan serentak oleh umat muslim di Indonesia, tidak ada perbedaan untuk permulaan puasa bulan ramadhan tahun ini.

Sidang Isbat menetapkan 1 Ramadan 1437 H bertepatan dengan tanggal 6 Juni 2016. Selamat menjalankan ibadah puasa,” tulis Kementerian Agama RI melalui akun Twitter miliknya (5/6/2016). Penetapan awal Ramadhan dilakukan melalui pantauan hilal yang tersebar di 93 titik lokasi yang meliputi seluruh Indonesia.

Bahkan untuk menandai datangnya bulan Ramadhan banyak sekali digelar acara pawai bersama dengan membawa kenthongan maupun bunyi-bunyian lainnya sebagai atributnya. Rasa antusias menyambut bulan suci tersebut sontak membuat media sosial dipenuhi dengan beragam ucapan “Marhaban Ya Ramadhan”.

Namun tahukah arti dari kalimat itu sebenarnya?
Kebanyakan umat islam mengartikannya secara perkata yang berarti, “Selamat datang wahai bulan Ramadhan.” Padahal ternyata makna sebenarnya bukanlah seperti itu.

Jika ditelaah dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata ‘Marhaban’ mengandung makna kata seru yang diucapkan untuk menyambut atau menghormati tamu (selamat datang). Akan tetapi menurut bahasa arab, Marhaban merupakan kata turunan dari awal kata ‘rahb’ yang memiliki arti ‘luas atau lapang’.

Sehingga ucapan ini menunjukkan sebuah kelapangan dada atas tamu yang datang. Ia akan menerima dengan penuh kegembiraan dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan guna membuat tamu tersebut nyaman.

Akar kata Marhaban juga sama dengan rahbat yang memiliki arti “ruangan luas untuk kendaraan, guna memperoleh kebaikan atau kebutuhan pengendara sehingga bisa melanjutkan perjalanan.”

Sehingga jika mau direnungkan maknanya, maka ucapan “Marhaban Ya Ramadhan” memiliki arti selamat atas datangnya bulan Ramadhan yang disertai dengan penerimaan penuh lapang dada dan kegembiraan. Dengan kata lain datangnya bulan Ramadhan tidak diisi dengan menggerutu dan merasa terbebani karena harus menahan lapar dan dahaga serta menahan hawa nafsu ataupun hal lainnya yang dilarang selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Selamat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 1437 H/ 2016 M.

Oleh : GUNAWAN WIBISONO, A.Md. (Pengolah Perencanaan dan Pelaporan Kec. Kismantoro)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..