Lepas Sambut Camat Jatiroto

0
1650
Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., berjabat tangan dengan Camat Jatiroto Definitif, Joko Susilo, S.Sos., M.M./foto:gunawan w ©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~JATIROTO-Rasa haru dan gembira tumpah ruah di Pendopo Kecamatan Jatiroto, pasalnya sedang digelar acara Lepas Sambut Camat Jatiroto. Lepas Sambut tersebut melibatkan dua tokoh pemerintahan di Kecamatan Jatiroto, yaitu Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. selaku Plt. Camat Jatiroto dan Joko Susilo, S.Sos., M.M. selaku Camat Jatiroto yang baru, menggantikan Camat sebelumnya karena meninggal dunia. Keduanya bisa disebut tokoh pemerintahan di Jatiroto karena sebelumnya pernah menjadi satu bertugas disana ketika masih sama-sama menjadi staf.

Dan hari ini, Senin (24/10) keduanya dipertemukan kembali di Pendopo Kecamatan Jatiroto namun dalam suasana yang berbeda. Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. selaku Plt. Camat Jatiroto harus menyerahkan tampuk pimpinan kepada Joko Susilo, S.Sos., M.M. selaku Camat definitif  yang baru di Kecamatan Jatiroto.

Acara dimulai sekitar jam 12.30, diawali dengan pembukaan oleh protokol dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, baru kemudian dilanjutkan dengan kata-kata pamitan oleh Plt. Camat Jatiroto, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M.

Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. sendiri secara definitif adalah Camat Kismantoro, sehingga selain sebagai Camat Kismantoro juga merangkap sebagai Plt. Camat Jatiroto sejak enam bulan yang lalu, dikarenakan Camat Jatiroto yang saat itu menjabat telah meninggal dunia. Sedangkan Joko Susilo, S.Sos., M.M. sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Camat Kismantoro dan sejak tanggal 29 September 2016 kemarin, dilantik oleh Bupati Wonogiri sebagai Camat Jatiroto.

Dalam sambutannya, Plt. Camat Jatiroto mengungkapkan rasa senang dan bangga atas dilantiknya Camat yang baru di Jatiroto. “Yang pertama, tentunya kami mengucapkan selamat, saya ikut senang dan bangga bahwasanya pak Joko Susilo, S.Sos., M.M. yang dulunya sebagai Sekerataris Camat Kismantoro bisa menjadi Camat di Jatiroto, merupakan suatu kebanggaan bahwa Kismantoro bisa membuahkan seorang pimpinan, seorang Camat di Kabupaten Wonogiri,” terangnya.

“Saya kira bapak Joko Susilo, S.Sos., M.M. beserta ibu, sudah tidak asing lagi di Kecamatan Jatiroto karena beliau dulu sewaktu masih sama-sama menjadi staf bersama-sama bertiga dengan kami di Kecamatan Jatiroto, bahkan Kecamatan Jatiroto ini merupakan keistimewaan tersendiri bagi beliau berdua karena dipertemukan jodoh juga di Kecamatan Jatiroto,” jelasnya lagi disambut sorak riuh dan tepuk tangan para hadirin.

“Sejak tanggal 29 September 2016 kemarin, bapak Joko Susilo, S.Sos., M.M. telah dilantik sebagai Camat Jatiroto, sehingga apabila sudah ada surat keputusan yang lebih tinggi, saya secara otomatis SK Plt. gugur dengan sendirinya,” lanjutnya lagi.

“Dengan keberadaan saya sebagai Plt. sejak enam bulan yang lalu, tepatnya sejak 6 April 2016 sampai pada tanggal 29 September 2016, tentunya saya atas nama pribadi banyak sekali kekurangan dan kesalahan baik secara kedinasan selama menjadi Plt. bersama stakeholder, saya minta maaf yang sebesar-besarnya,” katanya melanjutkan.

Usai kata pamitan dari Plt. Camat Jatiroto, sambutan berikutnya dari Ketua Paguyuban Praja Kecamatan Kismantoro, mewakili Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Kismantoro dan juga keluarga besar Pemerintah Kecamatan Kismantoro, yang diwakili oleh Kepala Desa Lemahbang, Sugito Najib. Dalam sambutanya tersebut bermaksud menyerahkan Joko Susilo, S.Sos., M.M. “Saya mewakili seluruh keluarga besar dan paguyuban Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Kismantoro, sesungguhnya berat namun ikut bangga sehingga kami menyerahkan atau “nderekaken” bapak Joko Susilo, S.Sos., M.M. untuk bertugas memimpin Kecamatan Jatiroto ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penerimaan terhadap penyerahan Joko Susilo, S.Sos., M.M. selaku Camat Jatiroto yang baru dari keluarga besar pemerintah Kecamatan Kismantoro yang diwakili oleh Ketua PC NU Kecamatan Jatiroto, Naryo. “Kawulo kadapuk nampi pasrahipun keluarga ageng saking Kismantoro, ingkang baku panjenengan ampun owel masrahaken bapak Joko Susilo, amargi sampun kito tampi kanthi sae, lego lan ikhlasing manah,” kata Naryo.

Yang terakhir, Camat Jatiroto yang baru, Joko Susilo, S.Sos., M.M. berkenan memberikan sambutan dan perkenalan dengan warga masyarakat di Kecamatan Jatiroto. “Bahwa yang mendasari diadakannya Lepas Sambut ini adalah pengambilan sumpah dan janji para Kepala Sekolah pada tanggal 29 September 2016 kemarin dan salah satunya saya terlibat didalamnya, mendapatkan amanah sebagai Camat Jatiroto,” katanya mengawali perkenalan.

“Pada kesempatan hari ini, perkenankanlah saya memperkenalkan diri namun demikian sebenarnya di Jatiroto ini sudah banyak yang kenal dengan diri kami,” lanjutnya.

“Tidak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan, suport dan do’a restu dari rekan-rekan di Kecamatan Kismantoro, selama kurang lebih satu tahun sembilan bulan bertugas sebagai Sekretaris Camat, semoga kegiatan pemerintahan di Kismantoro berjalan dengan lancar, amin,” terangnya lagi.

“Dan untuk Kecamatan Jatiroto, pada kesempatan ini kami permisi, nderek kulonuwun, walaupun kami sudah beberapa hari yang lalu masuk ke Kecamatan Jatiroto namun secara resmi baru hari ini diadakan Lepas Sambut pak Camat, sehingga baru hari ini bisa memperkenalkan diri kami, mulai tanggal 29 September 2016 kemarin sudah resmi sebagai Camat Jatiroto,” jelasnya.

“Selanjutnya kami berharap sekali, dukungan kerjasama dari stakeholder yang ada di Kecamatan Jatiroto, khususnya Kepala Dinas/Instansi, semua Kepala Desa/Lurah, bapak ibu tokoh masyarakat beserta segenap warga masyarakat Jatiroto, mudah-mudahan didalam rangka saya menjalankan amanah, melaksanakan tugas dapat berjalan sesuai yang kita harapkan, sesuai hasil bimbingan bapak Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. selama di Kecamatan Kismantoro, semoga bisa saya terapkan do Jatiroto ini untuk saling berkoordinasi,” terangnya kembali mengakhiri perkenalan.

Gunawan Wibisono-kismantoro.or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..