Kismantoro Panen Raya Padi

0
1183

kismantoro.or.id ~ Senin, 16 Maret 2015, kemarin, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., memimpin panen raya padi berlokasi di Kelompok Tani Sido Mulyo, Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro yang didampingi oleh Koordinator Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kecamatan Kismantoro, Kukuh Subekti, S.P., M.M.A., dan jajaran Babinsa anggota Koramil Kecamatan Kismantoro. Selepas melaksanakan apel pagi di halaman Kantor Kecamatan Kismantoro, Camat bersama rombongan langsung meluncur ke lokasi panen raya.

Sudah menunggu di lokasi panen raya, diantaranya ada Penyuluh Pertanian Lapangan Dinas PTPH Kecamatan Kismantoro, Pengurus Kelompok Tani dan para anggota. Serta titik lokasi yang akan dipanen untuk dilakukan pengubinan.

Seusai pemotongan padi lokasi yang akan di ubin, disempatkan untuk memberikan pengarahan kepada para petani yang diawali oleh Koordinator Dinas PTPH Kecamatan Kismantoro, Kukuh Subekti, S.P., M.M.A., dalam pengarahannya beliau menyampaikan pentingnya penerapan teknis dan pemupukan yang seimbang. Panen raya padi pagi ini adalah awal dari seluruh rangkaian panen raya padi secara umum di Kecamatan Kismantoro.

Gambar 6Dilanjutkan dengan pengarahan dari Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., beliau menyampaikan bahwa dari data hasil ubinan, tahun ini mengalami peningkatan hasil produksi padi di Kecamatan Kismantoro, peningkatan ini semaksimal mungkin dipertahankan dan jika masih bisa dioptimalkan, hasil produksinya harus lebih ditingkatkan lagi”, jelas beliau.

Tidak ketinggalan, dari jajaran Babinsa Koramil Kismantoro juga memberikan pengarahan kepada para petani, bahwa jajaran TNI sudah ada MOU untuk mendukung program pemerintah dalam bidang pertanian untuk meningkatkan swasembada pangan dengan hasil minimal perhektar adalah 10 ton.

Berikut adalah daftar hasil ubinan panen raya padi di Kecamatan Kismantoro :

  1. Tanam jejer legowo 2 : 1, hasil ubin 7,8 kg (10.802,69 ton/hektar) ;
  2. Tanam jejer legowo 4 : 1, hasil ubin 6,85 kg (9.486,98 ton/hektar) ;
  3. Tanam jejer legowo 6 : 1, hasil ubin 6,4 kg (8.863,74 ton/hektar).

*sumber : Dinas PTPH Kecamatan Kismantoro

Oleh : GUNAWAN WIBISONO (Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Kec. Kismantoro)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..