Kismantoro Juara 1 Lomba Makanan Tradisional

0
1217
kontingen kismantoro bersama bu camat kismantoro

kismantoro.or.id. ~ Kecamatan Kismantoro menunjukkan kebolehannya di Tingkat Kabupaten Wonogiri. Kali ini dalam acara Lomba Makanan Tradisional dengan bahan dasar non tepung yang digelar oleh Pemkab Wonogiri pada Sabtu (13/08) dengan mengambil tempat di Pendopo Kabupaten Wonogiri dalam rangka memeriahkan HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejak pagi hingga siang hari, sebanyak 58 peserta yang terdiri dari kategori umum, meliputi perwakilan dari kecamatan, wirausaha, catering, dinas/instansi dan masyarakat serta dari kategori pelajar baik SMK maupun SMA mengikuti kegiatan ini. Hingga akhirnya Kecamatan Kismantoro menyabet juara pertama dalam ajang Lomba Makanan Tradisional tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Kecamatan Kismantoro mengirimkan kontingen yang berasal dari Tim Penggerak PKK Kecamatan yang dimotori langsung oleh Ketuanya, Listyorini Purwidyatmo yang merupakan isteri dari Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. Peserta lomba sendiri terdaftar ke panitia atas nama Sri Wahyuni, yang juga merupakan pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Kismantoro dengan nomor urut pendaftaran 9.

Raihan tersebut tidak mudah karena harus menggunakan strategi yang jitu dan tentunya harus mempersiapkan menu olahan makanan yang pas sesuai dengan tema yang diusung yaitu makanan tardisional berbahan non tepung. Dengan melakukan eksperimen beberapa kali agar didapatkan perpaduan serasi dari bahan-bahan yang digunakan maka akhirnya terwujudlah sajian yang mengantarkan Kismantoro menjadi yang terbaik se Kabupaten Wonogiri.

Menurut keterangan dari Sri Wahyuni saat dihubungi tim kismantoro.or.id. bahwa makanan tersebut adalah merupakan resep terbaru yang dibuatnya. “Masakan ini saya beri nama BOLU WALGIS BATIK dengan bahan dasar yang digunakan adalah waluh dan kulit manggis dengan motif batik khas wonogiren,” katanya.

“Sengaja kita menampilkan olahan makanan dengan bahan dasar waluh dan kulit manggis karena memang bahannya pun mudah didapatkan serta dipadu dengan sirup jahe secang sehingga menjadi sajian meski sederhana namun memiliki khas tersendiri,” tambahnya lagi.

Dalam gelaran lomba tersebut juga dikunjungi langsung oleh isteri Bupati Wonogiri, Verawati Joko Sutopo serta isteri Wakil Bupati Wonogiri dengan tim juri yang terdiri dari Kantor Ketahanan Pangan, PKK Kabupaten, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Wonogiri. “Selamat untuk Kismantoro, tetap maju dan semangatlah wahai ibu-ibu PKK Kismantoro.” **GW

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..