Kismantoro Development and Culture Carnival 2016

0
961
kontingen kecamatan

kismantoro.or.id. ~ Pawai Pembangunan dan Potensi di Kecamatan Kismantoro berlangsung sangat meriah, terbukti dari banyaknya peserta yang tumpah ruah di lapangan dan di jalan raya untuk mengikuti kegiatan ini. Pawai Pembangunan dan Potensi atau yang biasa disebut dengan karnaval ini berlangsung pada Minggu (21/8) kemarin.

Karnaval yang memperebutkan Piala Bupati Wonogiri ini diikuti oleh sepuluh desa/kelurahan, SD/MI, SMP/Mts, SMK/MA se Kecamatan Kismantoro dan tidak ketinggalan juga Pemerintah Kecamatan Kismantoro yang digabung dengan Gabungan Dinas/instansi, BKK dan UPK juga turut serta dalam karnaval tersebut.

Karnaval yang dimulai dari jam delapan pagi ini mengambil tempat di Lapangan Sepak Bola Desa Miri sebagai start atau pemberangkatan kontingen dan peserta akan berjalan dengan menunjukkan berbagai macam keunikan dan kreatifitas warga masyarakat serta akan melewati depan Kantor Kecamatan Kismantoro sebagai lokasi panggung kehormatan dan finish dilapangan Sepak Bola Kismantoro.

Berkenan hadir memberikan dukungan di atas panggung kehormatan adalah Camat Kismantoro Djoko Purwidyatmo, S.Sos.,M.M., Anggota DPRD Wonogiri Dangi Darmanto, S.H., Danramil Kismantoro Lettu. Inf. Dwi Supriyanto, Kapolsek Kismantoro AKP Sargiata, S.Pd., Kepala UPT Dinas Pendidikan Kismantoro Siswanto, S.Pd, Kepala UPT Puskesmas Kismantoro dr. M. Nasir, Kepala SMP/MTs, Kepala SMK/MA, Tokoh Masyarakat/Agama se Kecamatan Kismantoro.

Sekretaris Camat Kismantoro, Joko Susilo, S.Sos., M.M. yang sekaligus sebagai Ketua I Panitia HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2016 ini, didaulat oleh Panitia untuk melepas keberangkatan kontingen karnaval secara simbolis.

Beraneka macam potensi diusung oleh peserta karnaval dengan berbagai tema yang mereka angkat, mulai dari bidang pendidikan, kerajinan, industri rumah tangga, kesehatan, kebudayaan, olah raga, pertanian, iptek, politik, pertahanan dan keamanan bahkan industri kreatif pun dimunculkan.

Pada saat yang bersamaan, pada hari pelaksanaan karnaval berbarengan dengan hari pasaran pon, hari pasaran untuk pasar hewan dan pasar tradisional di Purwantoro sehingga sempat membuat jalanan macet total karena iring-iringan peserta karnaval menumpuk penuh di jalan raya.

Hal itu membuat kesibukan para aparat keamanan baik Polsek Kismantoro maupun dari Koramil Kismantoro. Sempat dilakukan pengalihan arus bagi pengguna jalan non peserta karnaval tetapi sebagian pengguna tidak mengindahkan arahan petugas karena selain jaraknya yang memutar lebih jauh, mereka juga nampak menikmati hiburan gratis yang hanya setahun sekali terjadi.

Sementara itu, pada hari yang sama juga digelar lomba trethek antar desa/kelurahan se Kecamatan Kismantoro yang bertempat di lapangan sepak bola desa miri atau satu tempat dengan lokasi start pemberangkatan kontingen karnaval. Dengan semangat dan kekompakannya, para peserta lomba trethek tampil semaksimal mungkin, menunjukkan kepiawaiannya kepada para juri menggunakan alat musik yang dirakit sendiri.

Lomba trethek sendiri bertema tentang keamanan atau ronda malam sehingga peralatan maupun beberapa lagu yang wajib dimainkan memang memuat pesan-pesan tentang pentingnya menjaga keamanan lingkungannya masing-masing. Kalau pada tahun kemarin, lomba trethek ini digelar pada malam hari namun untuk tahun ini mencoba dilaksanakan pada siang hari dengan maksud dan tujuan yaitu untuk mengatur jeda pemberangkatan kontingen karnaval.

Secara keseluruhan, gelaran karnaval tahun ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai waktu yang ditargetkan oleh Panitia maka acara ini selesai pada pukul 16.30 wib, semua kontingen karnaval semuanya sudah mencapai finish, semua jajaran kepanitiaan maupun muspika merasa lega karena acara ini sudah terlaksana dan selesai dengan lancar dan tertib, semoga ditahun yang akan datang dapat terselenggara lebih baik lagi. **GW

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..