Kepadatan Arus Mudik Tahun 2016 melonjak drastis

0
811

kismantoro.or.id – Lebaran adalah hari yang yang sangat sakral bagi Umat Muslim di Dunia terlebih di Indonesia lebaran mempunyai satu kewajiban pulang kampung tidak wajib yang di wajibkan (nah lho)…

Mengapa demikian…? Sudah menjadi adat Masyarakat Indonesia bahwa Lebaran adalah moment yang sangat baik untuk berkumpul dengan keluarga di Tanah Kelahiran atau Kampung halaman dari keluarga yang merantau dari berbagai daerah.

Disela sela kebahagiaan para pemudik yang akan berkumpul dengan orang tua dan sanak saudara dikampung halaman ada satu perjuangan yang harus mereka lalui ; yaitu bagaimana menghadapi padatnya perjalanan di route route yang dilalui dan kewaspadaan mengatur laju kendaraan diantar beribu pengendara yang lainnya.

Kali ini team kismantoro.or.id memantau arus perjalanan mudik dari Ibukota menuju daerah Jawa Tengah.

MudikkLebaran kali ini terpantau 3 kali lebih padat dibandingkan lebaran tahun lalu antrean panjang dimulai dari Masuk Tol Jakarta Cikampek dan dilanjutkanTol Cipali dan Pejagan yang bisa ditempuh 24 jam menggunakan Kendaraan Roda 4, dan sekitar 15 jam.dengan menggunakan sepeda motor.

Seperti hasil wawancara kami dengan seorang pemudik Asal Pemalang Jawa Tengah H. Nur Ehwan, dikatakan arus mudik kali ini 3 kali lebih padat dari biasanya sehingga perjalanan Jakarta Pemalang bisa rampung ditempuh 30 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat, kali ini benar benar parkir dan menginap dijalan tandasnya.

Lebih jauh Nur Ekhwan menghimbau kepada para pemudik agar bisa mengatur ritme pengisian bahan bakar agar tidak kehabisan ditengah perjalanan yang sangat Macet, mengatur pola istirahat dan makan agar tidak kecapekan dan menyebabkan jatuh sakit di jalan.

Lebih ketimur lagi team menjumpai pemudik asal Kismantoro Wonogiri tepatnya di daerah Batang Jawa Tengah, team berjump dengan pemotor bernama Aris Munandar asal Desa Bugelan. Aris memulai perjalanan dari Cijantung Jakarta pada Sabtu 03 Juli 2016 sekitar pukul 19.00 hingga berita ini diturunkan dia masih berada di Kabupaten Batang Jawa Tengah

Prakiraan yang dapat ditarik dari hasil wawancara diatas bahwa perjalanan kali ini jauh lebih padat, jauh lebih lama dan jauh lebih menantang, siapkan waktu 48 jam untuk sampai di Wonogiri dengan roda 4 atau lebih dan sekitar 30 jam untuk roda dua..

Selamat merayakan Idul Fitri jaga kondisi laju kendaraan, fitalitas dan emosional anda dalam berkendara

Laporan Live by Smartphone

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..