Kemeriahan Bersih Dusun Crabak Desa Gambiranom

0
1349

kismantoro.or.id. ~ Dusun Crabak, Desa Gambiranom menggelar acara pagelaran wayang kulit dalam rangka bersih dusun yang bertempat dirumah Kepala Dusun Crabak, acara ini dipadati oleh ratusan warga masyarakat penduduk Dusun Crabak dan sekitarnya.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang dihadiri Kepala Desa Gambiranom beserta staf aparatur pemerintahan di Desa Gambiranom dan tokoh masyarakat ini, menghadirkan salah satu Dalang Wayang Kulit yang sudah kenyang pengalaman, yaitu Sarjito dari Desa Lemahbang. Beliau merupakan salah satu putra daerah yang melestarikan kabudayan jawa dari Kecamatan Kismantoro.

Diiringi penglaras suara dan seni karawitan “Bdigas Laras” dari Desa Gedawung, Kecamatan Kismantoro dan tak kalah menarik bintang tamu “Mbah Gemplo” dagelan dari kota Madiun yang sangat kocak sehingga penonton sangat terhibur.

Dalam sambutannya Kepala Desa Gambiranom, Sudarmaji menyampaikan terima kasih kepada segenap warga atas partisipasinya dan kepada panitia bersih dusun atas terlaksananya acara pagelaran wayang kulit malam ini dan beliau juga menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit adalah sebuah pelestarian budaya luhur bangsa yang berisi keteladanan yang perlu kita contoh dalam kehidupan bermasyarakat, tak lupa beliau mensupport warganya agar tetap bersemangat dalam mengisi pembangunan dan semangat kerja nyata sehingga akan membuat warga desa Gambiranom semakin maju dan sejahtera.

Menurut ketua panitia yakni Kepala Dusun Crabak, Yatemun menyampaikan bahwa pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk ini bertujuan untuk menghibur masyarakat Dusun Crabak khususnya dan seluruh warga Gambiranom dan sekitar umumnya. Dan yang terpenting untuk mencintai seni budaya “Nguri-nguri Kabudayan Jawi”.

Sebelum acara Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dimulai, penyerahan tokoh wayang “Kresna” dari Kepala Dusun Crabak kepasa ki Dalang Sarjito, Sedang pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini mengambil lakon “PENDOWO SYUKUR atau SESAJI ROJO SURYO”.

Laporan : Noor Jannah (kismantoro.or.id.)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..