Kecamatan Kismantoro Gelar Pra Musrenbang Kecamatan 2017

0
838
Camat kismantoro (tengah) saat memberikan sambutan didampingi kasi ppm dan anggota polsek kismantoro/foto : gunawan w ©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~KISMANTORO-Kecamatan Kismantoro menggelar rapat terbatas yang dikemas dalam acara Rapat Pra Musrenbang Kecamatan Tahun 2017, Jum’at (10/2/2017), pagi tadi.

Untuk agenda ini, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., mengundang Muspika, Kepala Dinas/Instansi/Nivo dan semua Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Kismantoro serta Kepala SMK dan SMP.

Acara tersebut digelar diruang pertemuan Kecamatan Kismantoro yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB – selesai. Acara ini dimaksudkan untuk menyinkronkan berbagai usulan dari masing-masing desa/kelurahan, termasuk usulan yang ditujukan kepada dinas/instansi terkait agar usulan-usulan tersebut bisa selaras dan sejalan ketika nanti menjadi usulan pada saat Musrenbang Kecamatan. Musrenbang Kecamatan sendiri, direncanakan akan digelar pada Rabu (15/2/2017).

Peserta pra musrenbang dari unsur kepala desa/lurah, kepala dinas/instansi/nivo, kepala smp dan smk/foto : gunawan w ©kismantoro.or.id
Peserta pra musrenbang dari unsur kepala desa/lurah, kepala dinas/instansi/nivo, kepala smp dan smk/foto : gunawan w ©kismantoro.or.id

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., pada saat memberikan sambutan di awal acara Rapat Pra Musrenbang.

“Maksud dan tujuan kami mengundang bapak dan ibu semua, adalah untuk menyinkronkan usulan-usulan yang sudah masuk hasil dari Musrenbang Desa/Kelurahan se Kecamatan Kismantoro,” jelasnya.

Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), Bejo, S.I.P., membenarkan hal tersebut. Dalam materi yang disampaikannya, turut disampaikan bahwa sangat penting adanya sinkronisasi usulan dari masing-masing desa/kelurahan dan dinas terkait.

“Seperti yang disampaikan pak camat didepan, kita memang perlu menyinkronkan usulan-usulan tersebut, maka untuk itu, silahkan dicermati usulan hasil Musrenbang Desa/Kelurahan yang sudah kami rekap dan selanjutnya, silahkan menambahkan jika dirasa masih ada yang belum tercover dalam rekap tersebut,” terang Kasi PPM.

Peserta pra musrenbang mencermati rekapitulasi usulan hasil musrenbang desa/kelurahan 2017/foto : gunawan w ©kismantoro.or.id
Peserta pra musrenbang mencermati rekapitulasi usulan hasil musrenbang desa/kelurahan 2017/foto : gunawan w ©kismantoro.or.id

Sementara itu, Kepala SMP N 1 Kismantoro, Tri Irianto, S.Pd., menyampiakan uneg-unegnya bahwa selama ini selalu membuat usulan namun belum ada satupun usulan yang terealisasi.

“Selama ini kita selalu membuat usulan akan tetapi seingat saya, belum ada satupun usulan yang kami ajukan itu direalisasikan,” kata Tri Irianto.

Selaku Kasi PPM, Bejo, S.I.P., memberikan tanggapan atas penyampaian dari Kepala SMP N 1 Kismantoro tersebut, bahwa Kecamatan sebatas menjembatani usulan yang masuk untuk disampaikan ke dinas/instansi yang membidangi, karena yang memiliki anggaran untuk realisasi usulan tersebut, mestinya adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri.

Camat Kismantoro pun berkenan memberikan tanggapan atas masukan tersebut. Ia menyampaikan bahwa tidak ada salahnya kita mengusulkan hal-hal yang dirasa harus diusulkan, karena pada dasarnya ketika suatu kegiatan akan terdanai akan ditanyakan, apakah usulan tersebut sudah masuk usulan di Musrenbang.

Lebih lanjut ia menambahkan, bahwa ada tiga hal penting yang mempengaruhi usulan tersebut dapat segera terealisasi.

“Yang pertama adalah partisipatif, kedua adalah teknokratik dan yang ketiga adalah political will, maka kita harus ada upaya dan usaha-usaha untuk terus mengawal usulan tersebut,” jelas Camat Kismantoro. (gun)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..