Jembatan Ambrol

0
1309

kismantoro.or.id ~ Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Kismantoro sejak siang sampai sore pada hari Rabu, 11 Pebruari 2015 kemarin, mengakibatkan amblasnya jembatan di Desa Plosorejo.

Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., langsung terjun ke lokasi kejadian setelah mendapatkan kabar via telepon selular dan tiba dilokasi sekitar jam 16.00 wib yang didampingi Kasi PMD Kecamatan Kismantoro, Bejo, S.I.P., Kasi Tapem Kecamatan Kismantoro, Priyanto Kurniawan, S.Sos. dan beberapa staf lainnya. Sudah menunggu di lokasi kejadian ada Sutino, Kepala Desa Plosorejo, yang didampingi Pj. Sekretaris Desa dan Kepala Dusun setempat.

Jembatan tersebut dibangun pada tahun 1971 dengan dana yang berasal dari swadaya murni masyarakat Desa Plosorejo yang merupakan jembatan penghubung antar Desa, yaitu Desa Miri dan Desa Plosorejo. Jembatan tersebut juga menghubungkan antara Dusun Kepuh dan Dusun Ngrandu, Desa Plosorejo, dusun Kepuh berpenduduk sekitar 650 jiwa, sedangkan dusun Ngrandu berpenduduk sekira 675 jiwa, terang Kepala Desa Plosorejo, Satino, menjelaskan.

“Jika jembatan tersebut terputus maka akses dua dusun tersebut akan terputus, bahkan untuk akses Desa Miri ke Desa Plosorejo atau sebaliknya juga akan terputus serta untuk menjangkau akses tersebut, warga masyarakat harus memutar balik sampai dengan 20 km, tambah Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M.

Bersamaan dengan kejadian tersebut, jembatan di Dusun Waru, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro juga mengalami hal serupa. Jembatan yang menghubungkan Desa Bugelan dan Desa Plosorejo serta antara dusun Waru dan dusun Bugelan tersebut juga amblas sampai setengah badan jalan.

Untuk sementara, agar jembatan tetap bisa berfungsi dan dapat digunakan, masyarakat bergotong-royong membenahi secara darurat meski jika nanti terjadi hujan yang sangat lebat, bisa dimungkinkan akan amblas lebih parah lagi.
Sampai dengan berita ini dikabarkan, kejadian tersebut sudah dilaporkan mulai dari tingkat Desa ke Kecamatan, Kecamatan ke tingkat Kabupaten.

Oleh : GUNAWAN WIBISONO (Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Kec. Kismantoro)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..