Jelang Lebaran Pasar Kismantoro Dipadati Pengunjung

0
1556

kismantoro.or.id ~ H-7 lebaran tahun 2016 ini Pasar Kismantoro sudah dipadati pengunjung, aktifitas pengunjung meningkat drastis dibanding hari biasa, bahkan pintu masuk utama pasar harus berdesak-desakkan untuk bisa masuk.

Pantauan kismantoro.or.id., Selasa (28/6), pengunjung sudah memadati area Pasar Kismantoro dari jam enam pagi. Seorang petugas Dinas Pasar, Indro Ismono, A.Md., mengatakan bahwa lonjakan pengunjung pada hari ini sudah dimulai sejak pagi sekira jam enam, mobil angkutan pedesaan yang mengangkut pengunjung pasar membludak sampai ke jalan raya.” terangnya.

“Pasar Kismantoro adalah satu-satunya pasar tradisional yang ada di Kecamatan Kismantoro sehingga dipenuhi pengunjung setiap menjelang lebaran”, jelas Indro Ismono menambahkan.

Pasar Kismantoro sendiri tepat ditepi jalan propinsi yang menghubungkan ke Pacitan, Jawa Timur, sehingga selain kepadatan pengunjung menjelang lebaran tahun ini, kesibukan jalan raya juga disebabkan ramainya pemudik yang mulai melintasi depan pasar.

Lebaran 1

Untuk penjual diarea pasar sendiri sudah mulai rapi dan tertib terkait himbauan dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri agar para pedagang kaki lima tidak menggelar dagangannya di trotoar, trotoar harus difungsikan untuk pejalan kaki bukan untuk berjualan.

Himbauan tersebut sudah dilaksanakan oleh Petugas Dinas Pasar dan para pedagang kaki lima yang ada didepan pasar sehingga wajah Pasar Kismantoro nampak rapi dan tertib. Pantauan untuk harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang lebaran H-7 ini, di Pasar Kismantoro belum mengalami kenaikan yang cukup drastis, terbukti dari hasil wawancara reporter kismantoro.or.id. dengan pedagang sayur yang bernama Santo.

“Harga cabe rawit Rp. 10.000,-, harga bawang merah Rp. 25.000,-, harga bawang putih Rp. 30.000,- dan harga telor Rp. 20.000,- per kilogram.” kata Santo menerangkan.

Berbeda lagi dengan pedagang kios yang ada di area pasar, dia menjelaskan untuk harga gula pasir hampir sebulan ini cukup tinggi, satu kilogram berkisar antara Rp. 16.000,- sampai Rp. 17.500,- dan untuk gas LPG 3 kg harganya bervariasi, ada yang menjual Rp. 16.000,- per tabung bahkan ada yang mencapai harga Rp. 21.000,- per tabung.

Untuk itu, ada kabar dari Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M. bahwa Pemerintah Kabupaten Wonogiri akan mengelar operasi pasar / pasar murah guna mengendalikan lonjakan harga kebutuhan masyarakat menjelang lebaran tahun ini.

“Pasar murah direncanakan bakal digelar pada hari Rabu, 29 Juni 2016 di Kelurahan Gesing mulai pukul 07.30 sampai dengan selesai.” jelas Camat Kismantoro.

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..