HUT Ke-55 Gerakan Pramuka, Kwaran Kismantoro Gelar Jambore

0
1226
BenQ Corporation

kismantoro.or.id. ~ Menyambut Hari Ulang Tahun ke-55 Gerakan Pramuka Tahun 2016 ini, Kwartir Ranting (Kwaran) 11.12.22 Kecamatan Kismantoro menggelar Jambore Ranting, guna meningkatkan mutu pendidikan anggota Gerakan Pramuka sehingga menjadi manusia berkualitas dan mandiri dalam rangka mempersiapkan kader-kader tunas bangsa dan sumber daya manusia di masa yang akan datang.

Jambore Ranting tersebut rencananya akan digelar mulai hari Jum’at, 12 Agustus 2016 dan akan selesai pada Minggu, 14 Agustus 2016. Kegiatan tersebut mengambil lokasi dilapangan sepak bola Desa Miri, Kecamatan Kismantoro, kurang lebih sekitar 3 km jaraknya dari ibu kota Kecamatan Kismantoro, arah selatan menuju ke Pakisbaru.

Dari pantauan tim kismantoro.or.id langsung ke lokasi bumi perkemahan di lapangan sepak bola Desa Miri bahwa hari ini Jum’at (12/08) kegiatan jambore tersebut sudah dimulai. Sebagai tanda dibukanya kegiatan ini adalah dilaksanakannya opening dengan upacara pembukaan jambore ranting.

Upacara pembukaan jambore ranting dimulai pada jam tiga sore tepat. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Estu Tentrem, S.Pd. selaku Mabiran (Majelis Bimbingan Ranting) Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Kismantoro. Dalam sambutannya dia mengajak kepada semua peserta perkemahan atau adik-adik untuk bergembira, bersenang-senang sambil belajar.

“Meski pada siang hari tadi menjelang pembukaan mendung bahkan sempat ada gerimis, namun kakak minta, adik-adik tetap bergembira dan bersenang-senang bersama kakak-kakak pembina yang ada disini,” katanya memberi motivasi.

Menurut keterangan dari Sekretaris Panitia, Parji, S.Pd., Sd. bahwa seluruh peserta perkemahan berjumlah 63 tenda yang terdiri dari 13 sampai 14 siswa/siswi. “Dari 63 tenda tersebut terbagi atas 31 tenda peserta putra dan 32 tenda peserta putri,” jelasnya.

Keterangan tersebut juga diperkuat oleh Bendahara Panitia, Susilo Purwanto, S.Pd., “benar sekali ada 63 tenda karena dari iuran yang masuk ke bendahara jumlahnya sama dengan itu,” katanya membenarkan.

Parji, S.Pd., Sd. juga menambahkan untuk kegiatan jambore ranting ini, panitia membuat buku panduan bagi para peserta dan juklak sehingga apa yang tertulis pada buku panduan, itulah yang akan dilaksanakan selama kegiatan jambore ranting ini diselenggarakan.

Sebagai tambahan informasi, untuk Ketua Panitia adalah bapak Rato, S.Pd., Kepala SD N 2 Gesing, Bendahara bapak Susilo Purwanto, S.Pd., Kepala SD N 1 Lemahbang dan Sekretaris saya sendiri, Parji, S.Pd., Sd., Kepala SD N 1 Miri,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Rato, S.Pd., menjelaskan bahwa “kegiatan jambore ranting seperti ini dilaksanakan dua tahun sekali, dua tahun yang lalu dilaksanakan di Gedawung setelah sebelumnya lagi dilaksanakan di Desa Bugelan,” katanya.

Dan pada prinsipnya, pelaksanaan jambore itu bukan perlombaan untuk diambil juaranya dan mendapatkan penghargaan itu bukan, namun sifatnya adalah pembinaan atau semacam kursus karena besok anak-anak atau adik-adik ini akan diajari bagaimana cara tali temali yang benar, cara merawat luka patah tulang atau cara membuat peta panorama dan lain-lain, yang akan dikemas pada kegiatan yang disebut wid game,” jelasnya lagi.

Seusai upacara pembukaan tersebut, beberapa kegiatan sudah dijadwalkan oleh panitia, diantaranya adalah kegiatan mencari sahabat baru (permainan besar), gebyar-gebyar dan pada malam hari akan digelar panggung gembira. Dan pada Sabtu pagi ada kegiatan tekpram serta pada siang harinya akan dilaksanakan wid game. Kemudian pada malam hari atau malam minggu-nya akan dilaksanakan api unggun serta

akan dilaksanakan renungan dan ulang janji, lalu pada minggu pagi akan digelar upacara HUT ke-55 Gerakan Pramuka, rencananya yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Camat Kismantoro dan juga akan digelar acara sosial berupa bhakti masyarakat serta seluruh rangkaian acara jambore ranting akan diakhiri dengan upacara penutupan jambore ranting yang dijadwalkan pada pukul 09.15 wib.

Jambore ranting kali ini, Kwartir Ranting 11.12.22 Kecamatan Kismantoro mengambil tema “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda” serta mempunyai motto “Rajin, Terampil, Riang Gembira dan Bersemangat”.

“Dirgahayu Gerakan Pramuka Ke-55 Tahun 2016, Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda”

(GW #jurnalis)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..