Jalur Mudik Alternatif Menuju Pacitan

0
1608

kismantoro.or.id. ~ Aroma lebaran atau Hari Raya ‘Idul Fitri semakin menyengat, sudah sepekan ini aktifitas jalan raya terlihat sangat sibuk, jalan raya Pakisbaru, Kismantoro yang menghubungkan Jawa Tengah menuju Kabupaten Pacitan dan Ponorogo mulai diramaikan oleh kendaraan yang berplat nomor luar daerah, baik dari Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, bahkan dari daerah luar Jawa baik itu Sumatera, Kalimantan, Bali dan sebagainya.

Menjelang H-2 lebaran ini, semakin ramai para pemudik melewati jalan propinsi di Kecamatan Kismantoro, baik yang menuju ataupun dari Kabupaten Pacitan dan Ponorogo dikarenakan jalan ini merupakan jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik dari dan menuju Pacitan maupun Ponorogo. Beberapa waktu yang lalu, Dinas Bina Marga Jawa Tengah berupaya melakukan pemeliharaan dan perbaikan jalan propinsi ini agar saat arus mudik lebaran memberikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan para pemudik.

Dari pantauan kismantoro.or.id., mulai dari pertigaan Purwantoro ke arah selatan yang melalui Kecamatan Kismantoro sudah nampak perbedaan akibat upaya pemeliharaan dan perbaikan yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga Jawa Tengah, ada beberapa titik lokasi yang sudah selesai penambalan jalan sehingga tidak ada lagi jalan berlubang yang bisa membahayakan para pengguna jalan, meskipun badan jalan tersebut masih bergelombang karena hanya dikerjakan penambalan-penambalan saja.

Tetapi hal itu sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya yang terdapat banyak lobang menganga di badan jalan yang sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan pengguna jalan.

Memasuki daerah tanjakan yang terletak di sekitar Desa Pucung, Dinas Bina Marga Jawa Tengah telah melakukan upaya pelebaran badan jalan dengan volume satu meter ditepi kanan dan kiri badan jalan. Meski sudah diupayakan mempercepat pengerjaan cor jalan dan aspal hotmix namun sampai menjelang lebaran, pelebaran badan jalan belum bisa terselesaikan sehingga sepekan yang lalu pengerjaan tersebut terpaksa dihentikan karena jalan sudah mulai ramai dilalui para pemudik karena jika pekerjaan tersebut terus dilakukan maka justru akan mengganggu kelancaran perjalanan para pemudik.

Dari keterangan salah satu pekerja bernama Slamet yang berhasil kami temui, mengatakan bahwa pengerjaan pelebaran jalan ini terpaksa dihentikan sejenak dan nanti selepas lebaran akan dilanjutkan kembali. Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu mandor pekerja yang kami hubungi via sms, bahwa pekerjaan untuk sementara dihentikan karena sudah menjelang lebaran, selain agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan, sebagian besar pekerja berasal dari luar Kismantoro dan mereka juga ingin merayakan ‘Idul Fitri di kampung halaman bersama keluarga dan sanak saudara.

Bagi para pemudik yang akan menuju ataupun dari Pacitan dan Ponorogo yang melalui jalur alternatif Kismantoro agar mewaspadai jalur ini, selain jalan ini cenderung sepi, badan jalan pun bisa dibilang sempit.

Pemudik yang dari arah Purwantoro-Kismantoro-Jeruk Bandar-Gemaharjo Ponorogo maupun dari Purwantoro-Kismantoro-Jeruk-Pakisbaru-Nawangan-Pacitan agar ekstra hati-hati pada jalan bergelombang pada kilometer dua dari Purwantoro dan terlebih lagi pada lokasi tanjakan dan tikungan di sekitar Desa Pucung, akibat pengerjaan pelebaran jalan masih banyak sisa-sisa galian tanah yang ada ditepi jalan, termasuk juga bekas lubang galian yang belum tertutup serta timbunan material berupa pasir dan batu.

Sebaliknya dari arah Pacitan yang akan melalui jalur alternatif ini agar berhati-hati dan waspada pada area tikungan dan turunan di sekitar Desa Pucung, apalagi pada waktu malam hari, selain masih banyaknya timbunan galian maupun material akibat belum selesainya pekerjaan pelebaran jalan juga terdapat dua titik lokasi jalan ambles yang mencapai hampir kedalaman satu meter, meski sudah diupayakan penimbunan jalan yang ambles namun karena curah hujan yang masih sering terjadi di daerah ini, amblesnya jalan tersebut belum ada tanda-tanda berhenti.

Sebaiknya para pemudik mengurangi kecepatan dan gunakanlah perseneling rendah agar jika sewaktu-waktu harus mendadak mengerem, kendaraan tetap aman dalam kendali, patuhilah rambu-rambu yang ada disepanjang jalan ini agar tidak terjadi kecelakaan, jika anda kelelahan segeralah beristirahat sejenak karena dijalur ini ada beberapa kedai khas pedesaan yang bisa anda gunakan untuk beristirahat maupun berselfi ria, ingatlah….keluarga, tetangga dan sanak saudara menunggu kepulangan anda, tertib berkendara dan berlalu lintas di jalan raya merupakan cerminan pribadi anda.

Selamat datang para pemudik, selamat datang para perantau selamat menikmati libur di Kismantoro, jangan lupa untuk singgah sejenak dilokasi wisata alam #Gunung Besek di Desa Bugelan, #Air Terjun Curug Muncar di Desa Ngroto, #Watu Adeg yang mirip Grand Canyon di Desa Pucung, #Gunung Muser di Desa Lemahbang, semuanya bisa anda nikmati bersama keluarga. (gun)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..