Jalan Ambles di Kismantoro Terancam Putus

0
1943
©kismantoro.or.id/foto gunawan w/jalan yang amblas semakin dalam

kismantoro.or.id~GEDAWUNG-Sudah hampir seminggu akses utama yang merupakan jalan satu-satunya keluar dan masuk wilayah Kecamatan Kismantoro amblas. Jalan tersebut merupakan jalan propinsi Jawa Tengah yang terletak di wilayah Desa Gedawung dan merupakan jalan satu-satunya yang menghubungkan Kismantoro dengan daerah lain seperti Kecamatan Purwantoro, maupun dengan Kabupaten Ponorogo.

©kismantoro.or.id/foto era mujiati/jalan yang amblas sangat licin dan berlumpur
©kismantoro.or.id/foto era mujiati/jalan yang amblas sangat licin dan berlumpur

Dinas Bina Marga Propinsi Jawa Tengah telah berupaya melakukan pengurugan badan jalan yang ambles, namun karena curah hujan yang terus mengguyur wilayah Kismantoro dan sekitarnya, jalan tersebut terpantau terus saja amblas dan semakin dalam. Banyak masyarakat yang mengklaim bahwa jalan tersebut terancam putus.

Badan jalan amblas sejak hari Senin (28/11/2016) yang lalu, setiap hari terjadi kemacetan panjang karena merupakan jalan penghubung satu-satunya ke arah Purwantoro maupun daerah lain sehingga banyak pengguna jalan yang melintasinya, saat pagi hari ketika jam-jam sibuk untuk berangkat kerja maupun sekolah nampak kemacetan hingga 500 m.

©kismantoro.or.id/foto gunawan w/kemacetan yang panjang
©kismantoro.or.id/foto gunawan w/kemacetan yang panjang

Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa memang benar jalur tersebut merupakan akses utama yang ada saat ini untuk masuk dan keluar dari Kismantoro sehingga jika jalan tersebut putus akan menghambat kelancaran transportasi.

“Jika sampai terputus memang akan sangat repot karena itu jalur utama, meski ada jalur lain namun harus memutar dan sangat jauh,” ungkap Camat Kismantoro.

Bagi pengendara yang akan melintasi jalan tersebut, dihimbau untuk ekstra hati-hati, karena selain berlumpur juga sangat licin pada saat turun hujan. Selain itu, untuk mobil yang bermuatan berat sebaiknya jangan melintas karena akan memperdalam amblas serta terancam terperosok kedalam urugan tanah bahkan bisa terguling. Beberapa kali terjadi kendaran yang terperosok kedalam kubangan ataupun urugan pada jalan yang amblas.

Gunawan Wibisono-kismantoro.or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..