Industri Rumahan Desa Gedawung

0
1258

kismantoro.or.id ~ Desa Gedawung merupakan salah satu tempat industri rumahan tempe kripik. Tepatnya di Dusun Klampisan dan Dusun Kikis, ditempat ini ada dua macam tempe kripik yaitu tempe kripik dari kedelai dan tempe kripik dari biji “benguk”.

Tempe kripik adalah salah satu jenis makanan ringan yang terbuat dari hasil fermentasi yang diolah dengan proses sederhana namun membutuhkan untuk proses pembuatan tempe kripik ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pembuatan tempe kripik ini tak lepas dari kriteria bahan yang dibutuhkan, maka dari itu bahan yang dipilih harus baik dengan pemilihan terlebih dahulu agar tempe yang dihasilkan bagus. Tempe kripik merupakan salah satu makanan camilan yang memiliki kadar protein cukup tinggi. Selain untuk camilan tempe kripik juga dapat dijadikan sebagai lauk untuk makanan.

Namun dalam industri ini belum bisa memproduksi yang lebih banyak karena terkendala pemasarannya yang hanya mengandalkan hari pasaran saja, yaitu pasar tradisional Purwantoro (Ndangkrang) dan pasar tradisional Kismantoro (Klitik). Selain tempe kedelai dan tempe biji benguk ditempat industri rumahan ini juga membuat tempe biji godril (biji pohon trembesi) dan tempe biji lam (petai cina).

Laporan : Reymond Supriyanto (jurnalis kismantoro.or.id)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..