Gunung Besek Mulai Dihijaukan

0
1137
Penghijauan di gubes/foto : purwanti/©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~PLOSOREJO-Kesadaran untuk melakukan konservasi lingkungan kini bukan hanya dilakukan lembaga pecinta lingkungan, namun juga mulai menggerakkan kesadaran anak-anak sekolah untuk berperan serta. Seperti halnya penanaman pohon yang dilakukan oleh kelompok PASAK (Pecinta Alam SMK 1 Kismantoro), SAKA Wirakartika Kecamatan Nawangan, Jawa Timur bersama Bina Remaja, pada Minggu (4/12/2016).

Penghijauan di gubes/foto : purwanti/©kismantoro.or.id
Penghijauan di gubes/foto : purwanti/©kismantoro.or.id

Puluhan rombongan relawan tersebut melakukan penanaman ratusan bibit pohon kayu dan buah di sekitar wilayah Lokasi Wisata Gunung Besek, Desa Plosorejo Kecamatan Kismantoro. Relawan yang juga dibantu penduduk setempat tampak antusias untuk melakukan penanaman. Adapun jenis bibit tanaman yang ditanam pagi itu diantaranya adalah bibit Afrika, bibit buah Sirsak Madu, bibit Sengon dan Beringin.

Dalam kesempatan tersebut koordinator PASAK, Dwi Purwanto mengaku ikut bangga karena bisa melakukan hal yang konstruktif untuk masyarakat. Dwi yang akrab dipanggil Depe ini mengaku organisasi PASAK yang baru berdiri satu tahun ini nantinya diharapkan dapat menjadi cikal bakal keaktifan anak-anak muda khususnya yang ada di Kecamatan Kismantoro untuk semakin peduli dengan lingkungan. PASAK pada awalnya juga sempat membuat program pembuatan bank bibit di SMKN 1 Kismantoro meskipun belum berjalan maksimal. “Kami berharap kedepan kami akan terus didukung dan mendapat pembinaan lagi,” jelas Depe.

Penghijauan di gubes/foto : purwanti/©kismantoro.or.id
Penghijauan di gubes/foto : purwanti/©kismantoro.or.id

Sementara itu relawan dari SAKA Wirakartika Kecamatan Nawangan, Heru Susilo, juga menyatakan bahwa dirinya menyambut positif kegiatan serupa. Setelah sebelumnya berperan aktif membantu dalam kepanitian dalam penanaman 10.000 pohon di lahan Bumi Perkemahan Kejer, Desa Bugelan pada hari minggu (27/11) yang lalu, Heru mengaku semakin tertarik untuk ikut aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial serupa yang diselenggarakan oleh kelompok gabungan dari berbagai relawan konservasi. “Semoga kedepan kami bisa terus berpartisipasi dalam acara-acara seperti ini,” terangnya.

Kegiatan penghijauan di gubes/foto : purwanti/©kismantoro.or.id
Kegiatan penghijauan di gubes/foto : purwanti/©kismantoro.or.id

Sementara itu  koordinator relawan dari Binaremaja Desa Bugelan, Purwanti M.Pd berharap agenda konservasi yang merupakan kelanjutan dari program yayasan lingkungan hidup GHB (Garda Hijau Bumi) ini ke depan akan terus berlanjut. “Setapak-demi setapak lama-lama akan mencapai puncak gunung juga. Semua hal yang besar dimulai dari hal yang kecil. Langkah-langkah kecil seperti ini jika dilakukan secara kontinyu insya Allah nantinya pasti akan memberi manfaat besar bagi masyarakat Desa Bugelan khususnya dan Kismantoro umumnya.”

Sementara itu Kepala Desa Plosorejo, Satino juga menyatakan mendukung kegiatan tersebut. Satino berharap untuk periode mendatang penanaman dapat dilakukan di Gunung Baham, Desa Plosorejo dengan bantuan bibit dari GHB. “Kedepan acaranya mungkin bisa diadakan di Gunung Baham. Karena area itu juga membutuhkan bibit-bibit, terutama beringin untuk konservasi lahan kritis,” terangnya.  (Reporter, Purwanti, M.Pd)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..