Gerakan Menanam Pohon di Watu Adeg

0
1114
©kismantoro.or.id/gunawan wibisono/

kismantoro.or.id~PUCUNG-Hari ini, Jum’at (21/10) dilaksanakan Gerakan Menanam Pohon di Area Watu Adeg Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro. Kegiatan tersebut bertajuk “Gerakan Menanam Pohon Bersama Camat Kismantoro, Muspika dan Warga Masyarakat” yang mulai digelar pada Jum’at pagi jam 07.30 wib dan berlokasi di area Watu Adeg Dusun Gandring, Desa Pucung.

Dalam sambutannya, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Desa Pucung yang telah berinisiatif untuk menanam pohon di area tersebut yang memang kondisinya masih banyak yang gundul. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Pucung karena telah bersepakat dan berkomitmen untuk menanam pohon ditempat ini,” kata Camat Kismantoro.

“Saya juga mendengar adanya laporan tentang serangan gerombolan kera terhadap tanaman penduduk disekitar tempat ini, maka dari itu pagi ini dilaksanakan gerakan menanam pohon yang mayoritas bibit tanaman ini berupa tanaman buah-buahan,” sambungnya.

“Tidak lupa juga saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri yang begitu cepat merespon laporan kami, terbukti dengan dialokasikannya bantuan 1000 bibit buah-buahan untuk ditanam pada pagi ini,” imbuhnya lagi.

Gerakan Menanam Pohon ini berawal dilatar belakangi oleh adanya serangan kera ke lahan-lahan penduduk disekitar area Watu Adeg. Bahwa penduduk dalam tiga tahun terakhir ini dipusingkan oleh adanya serangan kera ke lahan pertanian maupun pemukiman, serangan tersebut diperkirakan karena sudah tidak ada lagi persediaan makanan dihutan. Seperti diketahui, kera tersebut bersarang di Watu Adeg yang saat ini populasinya sudah mencapai ratusan ekor dari yang sebelumnya hanya sekitar puluhan saja.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Kismantoro juga berpesan agar selalu menjaga keseimbangan ekosistem di area Watu Adeg. “Adanya serangan kera tersebut membuktikan bahwa mereka membutuhkan makan dan ternyata sangat kekurangan, saya menghimbau kepada semua pihak, jangan sampai keberadaan kera ini dimusnahkan dengan dibunuh atau sejenisnya, marilah kita sama-sama menjaga keseimbangan ekosistem yang ada, kita dapat hidup berdampingan dengan kera-kera ini, selama kita tidak mengganggu dan merugikan mereka,” terang Camat Kismantoro.

“Kita berharap, dengan gerakan menanam pohon buah-buahan ini, kedepan akan dapat menyediakan makanan yang melimpah bagi kera-kera ini dan semoga gerakan ini merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi adanya serangan kera tersebut,” jelasnya.

Bibit buah-buahan yang dialokasikan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri ada sekitar 1000 batang, swadaya dari masyarakat setempat dan para relawan berjumlah kurang lebih ada 500 batang. Hal itu seperti disampaikan oleh Penyuluh Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kecamatan Kismantoro, Triyanto, SST. kepada jurnalis kismantoro.or.id.

“Dari dinas Hutbun sejumlah 1000 batang yang terdiri dari mangga 150 batang, rambutan 150 batang, jambu merah 250 batang, duwet 250 batang dan talok 200 batang,” jelas Triyanto.

“Selain itu, dari Mas Toni 150 batang talok, dari masyarakat dan para relawan ada sekitar 350 batang yang terdiri atas talok, pisang, sono dan mahoni,” tambahnya lagi.

Selain Camat Kismantoro beserta jajaran Muspika, turut hadir dalam kegiatan Gerakan Menanam Pohon tersebut Petugas Perhutani, anggota Koramil Kecamatan Kismantoro, anggota Polsek Kismantoro, Relawan Mastana (Masyarakat Tanggap Bencana) Desa Pucung, Relawan Peduli Kismantoro dan warga masyarakat se Desa Pucung. (gun)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..