Desa Pucung “Nguri-uri” Budaya Jawa

0
849

kismantoro.or.id. ~ Semangat melestarikan budaya jawa terus digalakkan di Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, hal itu terlihat di acara lomba “Pasrah Panampi Temanten” dalam rangka perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Balai Desa Pucung, pada Sabtu, 13 Agustus 2016.

Perlombaan “Pasrah Panampi Temanten” sendiri dimulai sejak pukul 10.30 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Perlombaan tersebut diikuti oleh 8 peserta dari 7 RW se-desa Pucung. Para peserta lomba terlihat berpenampilan menarik dan nyentrik dengan memakai setelan jas.

“Kegiatan lomba ini bertujuan untuk melestarikan budaya jawa dan untuk menggali ilmu tentang pasrah panampi temanten itu sendiri” tutur Tumani selaku Ketua Panitia. “Karena kadang proses pasrah panampi temanten itu kelihatannya mudah, akan tetapi kalau tidak tahu ilmunya juga sulit” katanya lagi.

Kegiatan lomba tersebut merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Pemerintah Desa Pucung sejak tahun lalu, yang membedakan kalau tahun lalu yang dilombakan adalah lomba pambagyo harjo dan tahun ini yang diperlombakan adalah pasrah panampi temanten.

Setelah melalui persaingan yang ketat, akhirnya dewan juri mengumumkan para pemenang di perlombaan pasrah panampi temanten tersebut. Untuk kategori pasrah temanten, juara pertama diraih oleh Narmin dengan memperoleh 1.168 poin, juara kedua diraih oleh Tiyo dengan perolehan 1.151 poin, kemudian juara ketiga diraih oleh Maryanto dengan memperoleh 1.122 poin.

Sedangkan untuk kategori panampi temanten juara satu diraih oleh Sularso yang mendapat 1.167 poin, juara kedua Nano Sunarno mendapatkan 1.059 poin dan juara ketiga tiga diraih oleh Mingan dengan perolehan 1.016 poin.

Menurut ketua panitia kegiatan, nantinya para pemenang dari lomba pasrah panampi temanten ini juga akan ditampilkan pada saat rangkaian acara malam resepsi penutupan peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI Desa Pucung pada tanggal 27 Agustus 2016 mendatang.

Laporan : Yoyok Ernowo (jurnalis kismantoro.or.id)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..