Cara SMK Pangkalpinang Cegah Siswa Bolos

0
586
Fingerprint hasil modifikasi siswa SMKN 2 Pangkalpinang (Foto: Nur Khafifah/detikcom)

kismantoro.or.id~Pangkalpinang – Sejak tahun 2012, SMKN 2 Pangkalpinang telah menerapkan absensi fingerprint bagi siswanya. Absensi ini terkoneksi dengan ponsel wali murid melalui SMS gateway sehingga kehadiran siswa dapat termonitor oleh orang tua mereka saat itu juga.

Kasie Litbang SMKN 2 Pangkalpinang, Yusbiyanti menjelaskan, absensi finger print dan SMS gateway yang dikirim ke orang tua siswa ini memanfaatkan sistem milik Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS). SMKN 2 kemudian mengembangkan sendiri sistem tersebut.

“JIBAS menawarkan sistemnya gratis, kemudian kami kembangkan sendiri. Kalau alat finger printnya kami beli,” kata Yusbi di SMKN 2 Pangkalpinang, Jl Sumedang, Pangklpinang, Babel, Selasa (19/7/2016).

Ide menerima tawaran dari JIBAS ini tak muncul begitu saja. SMKN 2 Pangklpinang tak mau lagi kecolongan murid yang membolos masuk sekolah. Belajar dari pengalaman itulah, pihak sekolah kemudian mengembangkan sistem tersebut.

“Nah sekarang kalau tidak menerima SMS absensi siswa, orang tua yang tanggap bisa langsung kroscek ke sekolah dan mencari tahu keberadaan anaknya,” ujarnya.
Siswa SMK 2 Pangkalpinang menggunakan absensi fingerprint, Senin 18 Juli 2016.

Selain untuk memonitor, sistem ini juga memudahkan komunikasi antara orang tua murid dan pihak sekolah. Yusbi mencontohkan, ada salah satu orang tua murid yang meminta izin anaknya tidak masuk karena sakit. Izin tersebut disampaikan melalui SMS karena orang tua tak dapat hadir langsung ke sekolah.

Sumber : Detik.Com

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..