Bencana Tanah Longsor

1
1550

kismantoro.or.id ~ Longsor kembali terjadi di Kecamatan Kismantoro, kali ini terjadi di Desa Pucung. Hujan terjadi sejak Minggu, 22 Maret 2015, siang, sekira jam 11.30 wib. Dan pada sore hari hujan lebat kembali terjadi pada jam 16.30 sampai malam. Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., langsung terjun ke lokasi setelah mendapat kabar terjadinya longsor tersebut yang didampingi Kasi Tramtib Kecamatan Kismantoro, Kasmin, S.I.P., M.M., Sulardi dari Bagian PPTDPU Kecamatan Kismantoro, Rismianto, TKSK Kecamatan Kismantoro, Kepala Desa Pucung, Kateno dan beberapa staf lainnya.

Bahkan ketika Selasa siang terjadi hujan lebat mengakibatkan dua tiang listrik tumbang dan patah, satu tiang tempat trafo yang terletak di RT. 01 RW. 06, Dusun Gupakan, Desa Pucung, patah. Kemudian pada pukul 20.00 akhirnya terjadi tanah longsor di RT. 02 RW. 07 Dusun Gupakan, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro yang menimpa rumah Tarmin (60). Rumah yang baru dibangun sekira enam bulan yang lalu harus menjadi korban tanah longsor yang mengakibatkan dinding tembok jebol dengan kerugian sekira 15 juta rupiah.Gambar 4(5)

Selain itu, hampir bersamaan longsor juga menimpa rumah Kalim (75) di RT. 01 RW. 04 Dusun Gandring, Desa Pucung. Dinding yang terbuat dari GRC / kasibot pun jebol terkena longsoran tanah dengan kerugian kurang lebih sekitar 4 juta. Berikutnya, longsor juga menimpa rumah Cipto (39) di RT. 02 RW. 07, Dusun Gupakan, Desa Pucung. Longsor menyebabkan rumah dapur harus dirobohkan serta halaman depan rumah amblas ke jalan depan rumah dengan kerugian sekira 5 juta rupiah. Korban tanah longsor yang lain adalah Gimin (40) di RT. 03 RW. 07, Dusun Gupakan, Desa Pucung dengan kerugian sekitar 4 juta rupiah dan Turijo (40) di RT. 01 RW. 05, Dusun Gandring, Desa Pucung dengan kerugian sekira 4 juta rupiah.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam rentetan peristiwa bencana longsor tersebut, namun Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., tetap menhimbau kepada para korban untuk selalu waspada dan berhati-hati karena curah hujan yang masih akan terus terjadi, bencana longsor tetap mengancam keselamatan.” terang beliau member semangat dan motivasi kepada para korban.

Oleh : GUNAWAN WIBISONO (Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Kec. Kismantoro)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..