Bedah Rumah di Gunung Besek

0
1169

kismantoro.or.id. ~ Akhirnya rumah mbah Mijem dibedah pada Minggu (31/7), kemarin. Pembangunan rumah baru mbah Mijem tersebut dilakukan oleh para Relawan Peduli Kismantoro bersama warga masyarakat setempat yang dimulai dari jam delapan pagi hingga jam empat sore. Turut dalam kegiatan tersebut diantaranya, Camat Kismantoro, anggota Koramil Kismantoro, Kepala Desa Bugelan, Ketua LPM Desa Bugelan, Ketua RT setempat dan Tim Relawan Bina Remaja Desa Bugelan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias Mas Jekek, menginstruksikan agar merelokasi rumah mbah Mijem (77) yang tinggal diemperan kandang kambing milik tetangganya. Bupati Wonogiri telah menyerahkan uang dari gajinya sejumlah Rp. 5.492.000,- kepada Relawan Peduli Kismantoro agar digunakan untuk membuatkan rumah bagi mbah Mijem.

Selaku Pembina bagi Relawan Peduli Kismantoro, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., memberikan keterangan bahwa setelah sebelumnya dilakukan proses penyiapan lahan calon pembangunan rumah baru bagi mbah Mijem maka pada Minggu (31/7) dilaksanakan proses pembangunan rumah ditanah pekarangan tetangganya yang masih ada hubungan kerabat jauh dengan mbah Mijem,” katanya.

Rumah baru mbah Mijem tersebut sengaja dibangun dilokasi yang berbeda dari “gubuk” sebelumnya dengan tujuan agar mbah Mijem terpisah dari kandang kambing dan dapat menikmati hidup yang lebih sehat dan lebih layak lagi,” imbuh Camat Kismantoro disela-sela kegiatan tersebut.

Ini merupakan wujud perhatian bapak Bupati Wonogiri untuk membantu penanganan kemiskinan yang ada di Kecamatan Kismantoro, sehingga satu dari sekian banyak lanjut usia miskin di Kismantoro, yaitu mbah Mijem, alhamdulillah sudah kita tangani dan insha alloh kegiatan semacam ini tidak hanya berhenti sampai pada mbah Mijem saja karena masih ada “mbah Mijem” lain yang ada di Kismantoro,” jelas Camat kismantoro.

Pada kesempatan yang sama, Paryanto, Kepala Desa Bugelan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Wonogiri yang telah berkenan membantu warganya serta terima kasih kepada Camat Kismantoro beserta para Relawan Peduli Kismantoro yang telah membantu pembangunan relokasi rumah mbah Mijem, matur nuwun sanget,” kata Paryanto.

Ketua RT dan warga masyarakat setempat yang turut membantu pembangunan relokasi rumah mbah Mijem juga menyatakan rasa terima kasihnya dengan adanya kegiatan ini karena akhirnya mbah Mijem bisa terbebas dari bau kotoran kambing. Ketua RT, Sukino, mengatakan bahwa warganya siap membantu pembangunan rumah tersebut, mulai dari penyiapan lahan dan “nyathok” kayu, kami sudah membantu dengan sepenuhnya, syukur banget mas rumah ini bisa cepat selesai” katanya.

Lebih lanjut, Yulianto, Ketua LPM Desa Bugelan juga menyampaikan untuk berikutnya mudah-mudahan mbah Mijem bisa ditangani oleh pihak Pemerintah Desa karena merupakan warga yang baru “bodro” apalagi usianya yang sudah lansia, tetap membutuhkan perhatian lebih,” usulnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Bugelan, Paryanto menyampaikan bahwa kendala saat ini, mbah Mijem belum memiliki dokumen kependudukan yang jelas, kartu KK, KTP dan KIS belum ada dan penduduk mana juga belum pasti, tetapi ketika nanti sudah punya dokumen sebagai warga Desa Bugelan, mbah Mijem bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Desa, salah satunya jatah raskin,” kata Paryanto memastikan.

Pembangunan rumah baru bagi mbah Mijem sendiri bisa diselesaikan dalam waktu sehari tetapi masih kurang dibagian terasnya saja, rumah baru dengan ukuran 5 m x 2,5 m ini diperuntukkan bagi mbah Mijem untuk menikmati sisa hidupnya agar lebih sehat dan lebih layak lagi.

Dan sampai sore hari pengerjaan diselesaikan untuk selanjutnya rumah hasil bedah rumah dengan dana dari gaji Bupati Wonogiri ini diserahkan kepada mbah Mijem dan warga setempat melalui Ketua RT nya, semoga rumah ini benar-benar berguna dan bermanfaat bagi mbah Mijem.

Mbah Mijem hanya salah satu contoh warga masyarakat Kismantoro yang berusia lanjut dan terlantar, masih banyak yang lainnya lagi yang membutuhkan uluran tangan kita untuk DONASI RELAWAN PEDULI KISMANTORO MELALUI REK. BANK JATENG A/C : 3-143-02317-5 A/N RELAWAN PEDULI KISMANTORO.

(GW #jurnalis)

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..