Apel Siaga 1000 Relawan di Sungai Dudan Sukorejo

0
929
Bupati wonogiri berkenan foto bersama anggota RPK/foto:gunawan w ©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~KISMANTORO-Sabtu pagi (8/10) kemarin, digelar Apel Siaga Relawan 2016 di tepian Sungai Dudan, Sukorejo, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri yang dipimpin langsung oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Apel tersebut digelar sebagai upaya Pengurangan Resiko Bencana Tahun 2016 yang diikuti lebih dari 1.000 orang dan berasal dari 40 elemen lembaga kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Wonogiri. Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, selaku Ketua Penyelenggara kegiatan Apel Siaga Relawan 2016, saat membacakan laporan tertulisnya kepada Bupati Wonogiri, menyatakan bahwa “Peserta Apel diikuti oleh 1.000 orang lebih, dari 1.000 jumlah peserta yang direncanakan ternyata yang hadir sejumlah 1.280 orang,” kata Bambang Haryanto.

Saat memimpin apel, Bupati Wonogiri dalam sambutannya menyampaikan, “kegiatan ini jangan hanya sebagai ceremonial saja tetapi merupakan bentuk langkah awal yang nyata untuk Sesarengan Mbangun Wonogiri. Mari bersama kita kembalikan fungsi sungai yang sebenarnya, melalui restorasi sungai diharapkan akan mampu mewujudkan kondisi esensi sungai ke fungsi alamiahnya untuk menuju Kabupaten Wonogiri Tangguh Bencana,” terang Bupati.

Usai memimpin Apel Siaga, Bupati Wonogiri juga berkenan memimpin penanaman pohon secara simbolis di tepian Sungai Dudan dan dilanjutkan menebar benih ikan ke Sungai Dudan. Sedangkan para peserta Apel Siaga melaksanakan kegiatan bersih-bersih Sungai Dudan sepanjang dua kilometer yang dibagi menjadi lima titik pos kebersihan.

Sementara itu, dalam gelaran apel tersebut, Kecamatan Kismantoro mengirimkan 10 orang peserta dari Relawan Peduli Kismantoro (RPK) dan petugas TKSK Kecamatan Kismantoro. Ketua RPK, Edi Purnomo, memimpin langsung 10 orang rekan-rekannya. Kepada jurnalis kismantoro.or.id, Edi mengatakan bahwa “10 orang anggota RPK berangkat bersama dan tentunya ini adalah kegiatan yang positif untuk menambah pengalaman bagi relawan sendiri apalagi bapak camat selaku pembina RPK sangat mendukung,” jelas Edi Purnomo.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini. “Sebenarnya kita akan mengirimkan semua anggota RPK namun dikarenakan satu dan lain hal, terpaksa yang bisa dikirimkan 10 orang saja,” terang Camat Kismantoro.

“Harapannya, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini akan menambah pengalaman anggota RPK sebagai relawan di Kecamatan Kismantoro apalagi kegiatan apel kemarin merupakan edukasi yang sangat positif dan saya sangat mendukungnya,” tambah Camat Kismantoro memberi penjelasan.

Gunawan Wibisono-kismantoro.or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..