Air Terjun Jurug Muncar, Mutiara Terpendam Di Kismantoro

0
5188

kismantoro.or.id~BUGELAN-Seperti halnya lokasi wisata yang buming lewat media sosial Gunung Besek, Kismantoro juga masih menyimpan potensi mutiara terpendam yaitu air terjun Jurug Muncar. Jurug Muncar merupakan salah satu tempat wisata faforit yang berada di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk dan dekat dengan bumi perkemahan Kejer, membuat air terjun ini menjadi destinasi wisata yang banyak menarik pengunjung. Air terjun Jurug Muncar berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan air laut (mdpl) dan dikelilingi oleh hutan pinus. Dengan memiliki ketinggian sekitar 12 meter, Air Terjun Jurug Muncar merupakan salah satu air terjun favorit di Wonogiri. Dengan adanya air terjun ini,  serta beberapa lokasi wisata lain seperti Gunung Besek, Gunung Kacang, Air Terjun Gedangan, Gunung Muser dan bukit Alap-alap membuat wilayah Kismantoro menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan.

muncar-1

Objek Wisata

Anda akan terkagum-kagum dengan pesona Air Terjun Jurug Muncar, ketika Anda berada di Desa Bugelan, tempat di mana air terjun ini berada. Sebelum Anda melihat air terjun ini dari dekat, berkunjunglah di Bukit Kejer yang terletak tak jauh dari lokasi pintu masuk Jurug Muncar. Anda akan melihat hamparan keindahan deretan perbukitan Kismantoro yang membentang hingga arah Jawa Timur. Dari bukit Kejer ini Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbit, apalagi jika anda berkenan mendirikan tenda di bukit ini.

Setelah Anda puas menikmati pemandangan nan indah dari jauh, Anda dapat melanjutkan perjalanan menelusuri hutan pinus yang eksotik untuk bercengkerama dengan keindahan Air Terjun Jurug Muncar. Namun, Anda tidak perlu khawatir dalam menelusuri punggungan bukit tersebut, karena sudah disediakan jalur jalan setapak dan anak tangga tanah yang memang disediakan untuk para wisatawan. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit  saja untuk mencapai dasar air terjun ini. Dalam perjalanan tersebut, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah ini dengan berfoto-foto dengan latar belakang hutan pinus dan vegetasi alamiah yang membentang di sisi-sisi tebing sungai menuju air terjun.

Sesampainya di dasar air terjun, arahkan pandangan Anda ke bukit-bukit yang ada di sekeliling air terjun. Dengan perpaduan hijaunya pepohonan pinus yang rimbun dan suara gemuruh air terjun, membuat suasana hati dan pikiran Anda terasa damai dan tenteram. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan untuk dinikmati bersama keluarga Anda setelah lelah bermain air atau berenang di kedung yang berada di dasar Air Terjun Jurug Muncar.

Namun jika anda berenang di kedung yang berada di dasar air terjun ini berati-hatilah. Salah satu kedung yang diberinama dengan Kedung Ulin, konon menurut legenda merupakan jalan masuk yang tembus ke gua luweng yang berada di bawah air. Berdasarkan legenda, masyarakat sekitar juga percaya jika ada bayangan benda atau mahkluk hidup yang melintas di atas permukaan air Kedung Ulin maka akan segera  turun hujan di wilayah tersebut.

Lokasi

Air Terjun Jurug Muncar berada di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan Kismantoro terletak kurang lebih 60 km dari Kota Wonogiri.

Akses

Jika Anda menggunakan transportasi umum dari Kota Solo atau Kota Ponorogo, Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan terminal Purwantoro. Waktu tempuh dari Kota Solo sekitar 3 jam sedangkan apabila anda melalui Ponorogo Jawa Tengah hanya ditempuh kurang dari 1 jam. Kemudian, setelah sampai di Purwantoro, anda dapat meneruskan perjalanan dengan mini bus atau mobil penumpang carry umum menuju Desa Ngroto atau Desa Bugelan jika anda tiba pada pagi hari. Jika sudah tidak  terdapat kendaraan umum anda juga bisa sewa ojek dengan perjalanan tidak terlalu lama dan hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

Fasilitas dan Akomodasi

Beberapa fasilitas di Air Terjun Jurug Muncar cukup memadai, seperti tersedianya lahan parkir dan warung makan  di Desa Bugelan maupun Desa Ngroto. Untuk penginapan Anda bisa menemukan di rumah warga di Desa Bugelan. Anda dapat juga mendirikan tenda di bumi parkemahan Kejer yang terdapat tidak jauh dari lokasi Jurug Muncar untuk menikmati matahari terbit di pagi hari. Untuk membeli oleh-oleh bagi kerabat atau teman, Anda bisa membeli makanan tradisional seperti lempeng (opak ketela) yang diproduksi tak jauh dari tempat wisata ini. Jika Anda masih punya banyak waktu, Anda dapat menyempatkan berkunjung ke Air Terjun Gedangan dan ke puncak Gunung Besek yang berada tidak jauh dari Air Terjun Jurug Muncar.

Purwanti, M.Pd-kismantoro.or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..