Ada Penurunan Jumlah Penerima Pada Penyaluran Bantuan Dana PKH Tahap IV 2016

0
837
Para penerima mendapatkan penyaluran bantuan/foto : agus s/©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~KISMANTORO-Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya. Bulan Desember 2016 ini, akan ada penyaluran bantuan program PKH kepada para penerima, termasuk di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.

Yakni mulai hari Kamis-Senin, tanggal 15-19 Desember 2016 akan dilaksanakan penyaluran bantuan PKH Tahap IV Reguler dan Hybrid. Kantor Pos Cabang Kismantoro bersama Pendamping PKH akan mencairkan Dana PKH untuk 1.608 KSM (Keluarga Sangat Miskin) yang terdiri dari ibu hamil, anak balita, anak sekolah mulai dari SD, anak sekolah SMP dan anak sekolah SMA atau sebesar Rp. 471.918.750,-.

Penerima bantuan pkh difasilitasi para petugas pendamping pkh/foto : agus s/©kismantoro.or.id
Penerima bantuan pkh difasilitasi para petugas pendamping pkh/foto : agus s/©kismantoro.or.id

Pencairan hari pertama pada Kamis (15/12/2016) untuk tiga desa, yaitu Desa Plosorejo, Desa Miri dan Desa Lemahbang dengan total penerima bantuan PKH dihari pertama adalah sebanyak 388 KSM dengan total jumlah bantuan senilai Rp. 109.875.000,-.

Hari kedua pada Jum’at (16/12/2016) juga diperuntukkan bagi tiga desa, yakni Desa Ngroto, Desa Gedawung dan Desa Pucung dengan total penerima bantuan PKH dihari kedua adalah sebanyak 441 KSM dengan total jumlah bantuan senilai Rp. 128.518.750,-.

Sedangkan pada hari ketiga pada Sabtu (17/12/2016) akan disalurkan bagi penerima bantuan PKH untuk empat desa, yaitu Desa Bugelan, Desa Gambiranom, Kelurahan Gesing dan Kelurahan Kismantoro. Dengan jumlah KSM sebanyak 609 dan total uang tunai yang akan diterimakan sekitar Rp. 188.212.500,-.

Dengan sabar, cermat dan teliti, petugas pendamping membantu para penerima bantuan/foto : agus s/©kismantoro.or.id
Dengan sabar, cermat dan teliti, petugas pendamping membantu para penerima bantuan/foto : agus s/©kismantoro.or.id

Lalu pada hari keempat, akan dilangsungkan penyaluran bantuan PKH untuk “penyaluran komunitas” bagi Desa Plosorejo dan Desa Bugelan, direncanakan untuk Desa Plosorejo akan dipilih rumah Kepala Dusun Ngrandu sebagai lokasi penyaluran. Sedangkan untuk Desa Bugelan direncanakan akan mengambil Pendopo Balai Desa Bugelan sebagai tempat dilangsungkannya penyaluran bantuan tersebut.

“Ini merupakan penyaluran bantuan yang PKH lama, untuk PKH baru belum pencairan,” jelas Agus Saryanto, S.T., koordinator Pendamping PKH Kecamatan Kismantoro saat dihubungi via whatsapp messenger.

“Para penerima PKH reguler adalah peserta PKH lama, sejak 2011 sampai dengan 2013. Sedangkan untuk penerima PKH Hybrid adalah peserta baru, dari tahun 2015 dengan jumlah sekitar 41 keluarga, meski ada tambahan penerima yang baru di tahun 2015, untuk Tahap IV ini jumlah penerima menurun,” tambahnya lagi.

Penurunan jumlah itu dikarenakan sudah tidak masuk kategori sebagai penerima bantuan, bahkan ada yang sudah merasa tidak perlu lagi dibantu, ada yang mengundurkan diri dari kepesertaannya.

“Karena sudah non kategori (sudah lulus SLTA) dan tahun ini juga ada dua peserta PKH yang mengundurkan diri karena sudah mampu mandiri,” pungkas Agus.

Gunawan Wibisono-kismantoro-or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..