40 Hari Lagi, Desa Miri Akan Menggelar Pilkades

0
1067
Kantor desa miri/foto:gunawan wibisono ©kismantoro.or.id

kismantoro.or.id~MIRI-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap I akan segera digelar di Kabupaten Wonogiri, khususnya di Kecamatan Kismantoro ada satu desa yang bakal melaksanakan pilkades yaitu Desa Miri. Kurang dari 40 hari lagi, Desa Miri akan memasuki babak baru. Babak baru tersebut yang akan menentukan seperti apa wajah Desa Miri dalam waktu enam tahun kedepan. Pasalnya, sekitar setahun ini, Desa Miri tidak memiliki Kepala Desa definitif, dikarenakan Kepala Desa terpilih sebelumnya telah memasuki habis masa jabatannya.

Bertempat di Balai Desa Miri, pada hari Jum’at (21/10) kemarin, telah dimulai proses tahapan pilkades berupa Pembentukan Panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan (BPD) Desa Miri dan dipandu langsung oleh pimpinan BPD Desa Miri, Bambang Suhartanto, S.Pd., S.D. selaku Ketua BPD.

Hadir sebagai nara sumber dalam rapat pembentukan panitia pilkades tersebut, yaitu Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., dan Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Dangi Darmanto, S.H., termasuk Kapolsek dan Danramil Kismantoro turut hadir guna memantau dan menjamin pelaksanaan acara berjalan dengan tertib dan lancar.

Sebelum pada acara inti, rapat di buka oleh Pj. Kepala Desa Miri, Jamari, A.Md., dalam pembukaan acara yang disampaikannya, Pj. Kepala Desa meminta kepada semua peserta rapat, agar dapat mensosialisasikan bahwa sebentar lagi akan digelar Pilkades di Desa Miri. Ia juga meminta kepada semua pihak yang nanti akan bekerja sebagai panitia, agar benar-benar mencermati Peraturan Daerah maupun Peraturan Bupati terkait Pilkades ini karena saat ini payung hukum untuk pelaksanaan pilkades masih baru dan ada perbedaan jika dibandingkan dengan aturan-aturan sebelumnya.

Dalam sambutan yang disampaikannya, Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., menekankan betapa pentingnya mempelajari dan memahami aturan yang ada karena pada pilkades saat ini ada regulasi yang baru. “Harapan kami, dengan adanya perda terbaru kemudian peraturan bupati ini, sebagai pegangan kita bersama,” kata Camat Kismantoro. “Kami harapkan, semua panitia penyelenggara, BPD, semua perangkat memahami regulasi yang ada, sehingga nanti jika ada permasalahan bisa diselelsaikan sesuai dengan regulasi yang ada tersebut,” lanjutnya lagi.

“Harapan kami yang lainnya, nanti sebelum pelaksanaan pilkades, agar semua panitia penyelenggara, semua BPD, semua bakal calon dan calon saksi, dikumpulkan di Balai Desa, diberikan pengertian, ini lho coblosan yang sah dan ini coblosan yang tidak sah,” sambungnya.

“Kebetulan pak Dangi Darmanto kemarin sudah menggodok dan membahas daripada perda di Kabupaten Wonogiri bersama teman-teman di DPRD ini sehingga nanti jika ada kesulitan-kesulitan, kami berharap beliau bisa memberikan pencerahan kepada kita semua,” imbuhnya lagi.

“Yang terakhir saya berpesan, apabila panjenengan nanti menjadi panitia penyelenggara, kami harapkan panjenengan harus netral, tidak memihak salah satu calon,’ pesan Camat Kismantoro.

Dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Dangi Darmanto, S.H. yang kebetulan berdomisili di Desa Miri turut memberikan penjelasan kepada semua peserta rapat. “Asalkan tidak melanggar aturan maka akan aman, siapa saja yang menjadi panitia penyelenggara jangan khawatir, dasarnya hanya ada dua yaitu peraturan daerah dan peraturan bupati, ini yang panjenengan gunakan untuk melaksanakan tugas menyelenggarakan pemilihan kepala desa (pilkades),” terangnya.

“Saya berpesan kepada para panitia penyelenggara agar bekerja sesuai dengan perda dan peraturan bupati Wonogiri dan untuk tahun 2016 ini, pimpinan DPRD beserta Bupati Wonogiri mengambil kebijakan bahwa pemilihan kepala desa harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan tidak ada pengunduran lagi,” kata Dangi Darmanto memberikan penjelasannya.

Pada kesempatan lain, ditemui diruang kerjanya, Pj. Kepala Desa Miri, Jamari, A.Md. mengungkapkan perasaan lega kepada jurnalis kismantoro.or.id terkait akan digelarnya pilkades di Desa Miri. “Saya merasa sedikit lega setelah ada kepastian akan digelarnya pilkades ini karena setahun lebih saya mendapat tugas merangkap jabatan, sebagai staf di Kecamatan Kismantoro sekaligus sebagai Pj. Kepala Desa Miri,” katanya.

“Meski hanya sebagai tugas tambahan, menjadi Pj. Kepala Desa tidak bisa dilaksanakan setengah-setengah, faktanya saya harus benar-benar totalitas untuk melaksanakan tugas di Desa Miri,” tambahnya.

“Yang terpenting sekarang ini, saya akan konsentrasi mengawal dan mengantarkan pelaksanaan pilkades agar berjalan dengan lancar, tertib dan aman walaupun dalam kepanitiaan, Pj. Kepala Desa tidak masuk sebagai penyelenggara, namun karena tugas dan tanggungjawab, saya tetap harus berkontribusi bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pilkades,” tambahnya lagi.

Akhirnya rapat pembentukan panitia pilkades Desa Miri, Kecamatan Kismantoro berjalan dengan lancar dan berikut beberapa nama jajaran kepanitiaan yang berhasil terpantau oleh tim kismantoro.or.id, sampai berita ini diturunkan, redaksi belum mendapatkan salinan SK BPD tentang Pantia Pemilihan Kepala Desa.

1. Ketua : Parji, S.Pd., Sd.
2. Wakil Ketua : Rakiman, S.Pd.
3. Sekretaris : Sutrisno, S.Pd.
4. Bendahara : Suwarsi
5. Seksi Pendaftaran Pemilih : Giyarto, Lamin, Sumar, Suradi, Sriyanto
6. Seksi Penjaringan dan Penyaringan : Harjito, S.Pd., Isro Sudarsono, S.Pd., Markini, Untung, B.Sc.
*sumber : panitia pikades desa miri    

Berikut beberapa Jadwal Tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahap I di Kabupaten Wonogiri :

1. 20 s/d. 22 Oktober 2016 : Pembentukan Panitia Pilkades
2. 20 s/d. 24 Oktober 2016 : Perencanaan Biaya dan pengajuan kepada Bupati
3. 22 s/d. 26 Oktober 2016 : Persetujuan Biaya Pilkades oleh Bupati
4. 22 s/d. 26 Oktober 2016 : Penyusunan DPS dan Penetapan DPS
5. 27 s/d. 29 Oktober 2016 : Pengumuman DPS
6. 31 Okt s/d. 02 Nop 2016 : Pencatatan DPTambahan
7. 1 s/d. 3 Nopember 2016 : Pengumuman DPTambahan
8. 22 Okt s/d. 1 Nop 2016 : Pengumuman dan Pendaftaran balon kades
9. 22 Okt s/d. 3 Nop 2016 : Penelitian kelengkapan dan keabsahan administrasi
10. 3 Nopember 2016 : Pengumuman hasil penelitian kelengkapan berkas kepada masyarakat untuk mendapatkan masukan
*sumber : bpd desa miri

Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara akan digelar serentak se Kabupaten Wonogiri pada tanggal 29 Nopember 2016, selama satu hari. Dan Kepala Desa terpilih akan dilantik oleh Bupati Wonogiri dengan ketentuan sebagai berikut :

.1. Pelaksanaan Waktu Normal : 1. Paling lambat tanggal 7 Pebruari 2017 (apabila tidak ada laporan pengaduan masyarakat)
2. Paling lambat tanggal 18 Pebruari 2017 (apabila ada laporan pengaduan masyarakat)
2. Pelaksanaan Perpanjangan Waktu : 1. Paling lambat tanggal 23 Maret 2017 (apabila tidak ada laporan pengaduan masyarakat)
2. Paling lambat tanggal 3 April 2017 (apabila ada laporan pengaduan masyarakat)

*sumber : bpd desa miri

Gunawan Wibisono-kismantoro.or.id

Dapatkan Informasi terbaru kami melalui E-mail anda (Gratis)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar dengan Facebook anda, untuk Kismantoro kita..